Terungkap, 11,5 Miliar Tahun Lalu Bima Sakti Pertama Kali Terbentuk

Kompas.com - 15/01/2020, 10:34 WIB
Bima Sakti, galaksi populer yang merampas galaksi tetangganya. NASA, ESA, the Hubble Heritage Team (STScl/AURA)-ESA/Hubble Collaboration and A. Evans (University of Virginia, Charlottesville/NRAO/Stony Brook University)Bima Sakti, galaksi populer yang merampas galaksi tetangganya.


KOMPAS.com - Peneliti berusaha mengungkapkan kapan Bima Sakti mulai terbentuk dari kumpulan galaksi-galaksi.

Hasilnya menemukan, sebuah tabrakan galaksi yang terjadi sekitar 11,5 miliar tahun lalu, bergabung menjadi satu kesatuan membentuk Bima Sakti.

Bagaimana peristiwa itu terjadi?

Profesor dan Ketua Astronomi di Universitas Yale sekaligus penulis jurnal baru di Nature Astronomy Sarbani Basu menjelaskan, ini bermula ketika ada sebuah galaksi kecil bernama Gaia-Enceladus menghantam apa yang ada di Bima Sakti, yang berusia sekitar 13,5 miliar tahun.

Baca juga: Massa Bima Sakti Akhirnya Terungkap, Setara 890 Miliar Matahari

"Kita tahu hari ini bahwa Bima Sakti dibentuk oleh penggabungan banyak galaksi kecil. Ini adalah pertama kalinya kami dapat menentukan kapan penggabungan tersebut terjadi," kata Basu.

Hal ini juga dianggap Basu, sebagai langkah yang penting dalam mengerti kapan Bima Sakti terbentuk atau bertambah serta dikumpulkan massanya.

Menelusuri bintang nu Indi

Terjadinya tabrakan Gaia-Enceladus itu diketahui oleh para peneliti saat menelusuri satu bintang terang di konstelasi Indus, yang hari ini dapat terlihat dari belahan bumi selatan.

Bintang itu adalah nu Indi, yang sudah mengorbit di dalam Bima Sakti yang lebih kecil sebelum tabrakan Gaia-Enceladus, yang terbuka selama jutaan tahun.

Ketika proses penggabungan galaksi itu berkembang, ia mengubah orbit nu Indi di sekitar pusat Bima Sakti, yang menawarkan penanda waktu terjadinya penggabungan galaksi tersebut.

Halaman:


Sumber Futurity
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X