Terungkap, 11,5 Miliar Tahun Lalu Bima Sakti Pertama Kali Terbentuk

Kompas.com - 15/01/2020, 10:34 WIB
Bima Sakti, galaksi populer yang merampas galaksi tetangganya. NASA, ESA, the Hubble Heritage Team (STScl/AURA)-ESA/Hubble Collaboration and A. Evans (University of Virginia, Charlottesville/NRAO/Stony Brook University)Bima Sakti, galaksi populer yang merampas galaksi tetangganya.

KOMPAS.com - Peneliti berusaha mengungkapkan kapan Bima Sakti mulai terbentuk dari kumpulan galaksi-galaksi.

Hasilnya menemukan, sebuah tabrakan galaksi yang terjadi sekitar 11,5 miliar tahun lalu, bergabung menjadi satu kesatuan membentuk Bima Sakti.

Bagaimana peristiwa itu terjadi?

Profesor dan Ketua Astronomi di Universitas Yale sekaligus penulis jurnal baru di Nature Astronomy Sarbani Basu menjelaskan, ini bermula ketika ada sebuah galaksi kecil bernama Gaia-Enceladus menghantam apa yang ada di Bima Sakti, yang berusia sekitar 13,5 miliar tahun.