Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2020, 12:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Nadya dan Nabila adalah saudara kembar yang terpisah selama 16 tahun. Keduanya dipertemukan kembali oleh Twitter karena beberapa orang mencurigai kemiripan wajah mereka.

Oleh karena wajah sampai fobia keduanya sangat mirip, Nadya dan Nabila disebut kembar identik. Namun, masih ada beberapa jenis kembar lain selain kembar identik.

Baca juga: Berkaca dari Nadya dan Nabila, Ini Beda Kembar Identik dan Fraternal

Mengutip Readers Digest, Selasa (14/1/2020), berikut 6 fakta unik mengenai anak kembar.

1. Perbedaan pada pusar dan sidik jari

Jika bingung membedakan bayi kembar, mana si A dan mana si B, lihatlah pusar mereka.

Pusar merupakan bekas luka potong ari-ari, sehingga tidak dipengaruhi oleh genetik. Selain pusar, sidik jari anak kembar juga pasti berbeda.

2. Superfetation

Ada sebuah kondisi langka bernama superfetation, di mana ibu hamil masih menstruasi sekaligus membentuk janin baru. Kerap kali, janin yang terbentuk belakangan akan lahir lebih dulu secara prematur sementara janin awal akan lahir pada waktu yang seharusnya.

Namun terkadang, kedua janin bisa lahir bersamaan.

Bayi kembar Camden dan Callie Riley adalah satu dari 12 pasang bayi kembar yang lahir di RS Saint Luke, Kansas City, dalam suasana Thanksgiving. Helen Ransom/Faces You Love Photography Bayi kembar Camden dan Callie Riley adalah satu dari 12 pasang bayi kembar yang lahir di RS Saint Luke, Kansas City, dalam suasana Thanksgiving.

3. Anak kembar bicara dengan bahasa sendiri

Anak kembar berkomunikasi satu sama lain menggunakan bahasa mereka sendiri, disebut dengan cryptophasia. Bahasa ini hanya mereka sendiri yang mengerti.

Penelitian yang telah dimuat di jurnal Institute of General Linguistics menyebutkan bahwa anak kembar saling belajar satu sama lain dalam pemahaman bahasa. Penelitian tersebut membuktikan bahwa 40 persen anak kembar punya bahasa sendiri.

4. Ada tujuh jenis bayi kembar

Nadya dan Nabila boleh jadi kembar identik. Namun selain kembar identik, ada 6 jenis kembar lainnya. Ada kembar cermin, di mana kedua bayi tumbuh secara asimetris atau terbalik. Misal, satu bayi kidal dan satu bayi menggunakan tangan kanan.

Baca juga: Hamil Bayi Kembar Berisiko Lahir Prematur, Seperti yang Dialami Cynthia Lamusu

Ada pula kembar fraternal, jika dua sel telur dibuahi oleh dua sperma yang berbeda. Kembar superfekundasi terjadi ketika ada hiperovulasi, yakni dua sel telur yang dilepas pada dua hari berbeda dan dibuahi oleh dua sperma berbeda. Kembar ini juga disebut “kembar beda ayah”.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com