Kok Bisa Harimau Muncul di Kampus UNSRI? Begini Penjelasan Ahli...

Kompas.com - 09/01/2020, 12:31 WIB
Harimau sumatera Atan Bintang berada di PRHSD di sumatera Barat untuk menjalani observasi. Harimau ini sebelumnya dievakuasi dari kolong ruko pasar di Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Dok. BBKSDA Riau dok.BBKSDA RIAUHarimau sumatera Atan Bintang berada di PRHSD di sumatera Barat untuk menjalani observasi. Harimau ini sebelumnya dievakuasi dari kolong ruko pasar di Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Dok. BBKSDA Riau

KOMPAS.com - Konflik harimau memasuki pemukinan warga masih terus berlanjut. Pada November hingga Desember 2019, dilaporkan ada lima orang di Sumatera Selatan meninggal dunia karenanya.

Dalam laporan terbaru berita Antara (9/1/2020), seekor harimau dikabarkan mondar-mandir di area kebun riset yang ada di dalam Komplek Universitas Sriwijaya (UNSRI) kampus Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) dalam enam hari terakhir.

Berdasarkan laporan yang diterima Kepala Kebun Riset Unsri, M Umar Harun, ada dua laporan terkait kemunculan harimau, yakni pada Sabtu (4/1/2020) dan Selasa (7/1/2020).

Peneliti Mamalia Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Gono Semiadi mengatakan, konflik antara harimau dengan penduduk dan hewan ternak sudah sering terjadi.