Reynhard Sinaga Disebut Psikopat, Apa Bedanya dengan Sosiopat?

Kompas.com - 07/01/2020, 12:30 WIB
Perkosaan berantai yang dilakukan Reynhard Sinaga terungkap pada Juni 2017 saat korban yang tengah diperkosa terjaga dan langsung memukulnya. Instagram via BBC IndonesiaPerkosaan berantai yang dilakukan Reynhard Sinaga terungkap pada Juni 2017 saat korban yang tengah diperkosa terjaga dan langsung memukulnya.

KOMPAS.com - Indonesia dan Inggris sedang diguncangkan oleh kasus Reynhard Sinaga.

Pria asal Indonesia berusia 36 tahun tersebut dihukum seumur hidup oleh Pengadilan Machester Inggris karena melakukan 159 kasus perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban pria.

Reynhard bahkan disebut sebagai "pemerkosa berantai terbesar di dunia".

Di samping kasusnya yang begitu mengerikan, respons Reynhard sendiri juga mengejutkan banyak orang. Menurut pejabat konsuler KBRI Gulfan Alfero, Reynhard sama sekali tidak merasa bersalah atas kasusnya.

Saya tiga kali bertemu [di penjara], Reynhard tak terlihat dalam kondisi stres. Dia happy, sehat, tenang, dia tahu kasus yang dihadapi. Dia tidak menyampaikan penyesalan karena dia menyatakan tidak bersalah dan tidak merasa terbebani atas kasusnya. Dia terlihat biasa biasa saja," kata Gulfan.

Baca juga: Apa Itu GHB, Rape Drug yang Digunakan Reynhard Sinaga?

Hal ini pun membuat Reynhard disebut-sebut sebagai seorang psikopat.

Istilah psikopat dan sosiopat memang sering disematkan pada orang-orang yang bertindak kejam dan sepertinya tidak punya hati nurani.

Dilansir dari Verywellmind, 16 Agustus 2019, secara klinis, orang-orang dengan psikopati atau sosiopati menunjukkan karakteristik gangguan kepribadian antisosial (APD) yang ditandai dengan ketidakpedulian akan hak dan perasaan orang lain.

Namun, sosiopati dan psikopati adalah dua tipe APD berbeda dengan karakteristik masing-masing.

Hati nurani

Salah satu perbedaan paling mendasar dari kedua tipe ini adalah hati nurani.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X