Kasus Anyar di ISS, Seorang Astronot Punya Gumpalan Darah di Leher

Kompas.com - 07/01/2020, 10:17 WIB
Stephen Moll dan tim dokter NASA bikin perawatan gumpalan darah untuk astronot di ISS. Stephen Moll dan tim dokter NASA bikin perawatan gumpalan darah untuk astronot di ISS.


KOMPAS.com - Studi kasus terbaru mengungkap, seorang astronot di Stasiun Luar Angkasa ( ISS) mengidap penyakit trombosit vena dalam (DVT) atau penggumpalan darah di vena jugularis.

Vena jugularis terletak di leher yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari kepala, otak, wajah dan leher menuju jantung.

Dikutip Space.com (4/1/2020), identitas astronot dan kapan peristiwa itu terjadi dirahasiakan karena alasan privasi dan keamanan.

Data yang tertuang dalam laporan hanya menyebutkan, astronot tersebut sudah tinggal di ISS selama dua bulan. Dia masih memiliki waktu enam bulan untuk tinggal di ISS ketika DVT ditemukan.

Baca juga: AS Gaet Para Astronot Jepang untuk Eksplorasi Bulan

Astronot itu ketahuan memiliki DVT ketika ada pemeriksaan ultrasound di leher untuk meneliti bagaimana cairan tubuh didistribusikan kembali dalam gravitasi nol.

Selain DVT, astronot tersebut tidak mengalami gejala kelainan apapun.

Ini adalah pertama kalinya gumpalan darah ditemukan di seorang astronot di luar angkasa, dan NASA tidak memiliki metode yang pasti untuk merawat kondisi tersebut di lingkungan bergavitasi nol itu.

Ahli gumpalan darah

NASA melibatkan pakar gumpalan darah, Profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas North Carolina (UNC) di Chapel Hill bernama Stephan Moll untuk membantu menangani situasi tersebut.

Moll menjadi satu-satunya dokter non-NASA yang diminta NASA untuk membantu menyusun rencana perawatan perihal bekuan atau gumpalan darah yang terjadi pada astronot itu.

Ketika gumpalan darah tersebut ditemukan, hanya ada sejumlah pengencer darah yaitu Enoxaparin yang tersedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber SPACE.COM
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X