Kompas.com - 06/01/2020, 12:22 WIB

KOMPAS.com – Jika Anda merasa galaksi Bima Sakti sudah berukuran cukup besar, tunggu sampai Anda melihat galaksi satu ini: UGC 2885.

UGC 2885 kerap disebut Godzilla Galaxy, atau “The King of Galaxies”. Sampai saat ini Godzilla Galaxy adalah galaksi terbesar di seluruh jagat raya.

Baca juga: Galaksi Cincin Misterius yang Membingungkan Astronom

Jaraknya sekitar 463.000 tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini memiliki ukuran 2,5 kali lebih besar dari Bima Sakti, serta memiliki jumlah bintang 10 kali lebih banyak.

“Apa yang membuatnya sebegitu besar, kami belum tahu,” tutur astronom Benne Holwerda seperti dilansir dari CNET, Senin (6/1/2020).

Keberadaan UGC 2885 telah diketahui oleh para astronom cukup lama. Ukurannya dihitung oleh astronom Vera Rubin pada 1980-an. Bagian tengah galaksi ini memiliki lubang hitam yang sangat besar.