Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecil dan Berbulu, Inilah Rupa Menggemaskan Bayi T-Rex

Kompas.com - 07/03/2019, 17:08 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Berkat film-film Hollywood, Tyrannosaurus rex (T-rex) memiliki kesan yang mengerikan. Namun, sebetulnya tidak selalu demikin.

Seekor T-rex yang masih bayi justru terlihat sangat lucu. Ditampilkan dalam pameran T.rex: The Ultimate Predator oleh American Museum of Natural History (AMNH), seekor bayi T-rex yang baru menetas ternyata tidak lebih besar dari seekor ayam kalkun. Ia juga ditutupi bulu-bulu lembut di seluruh tubuh.

Kurator pameran, Mark Norell, berkata bahwa T-rex memang memiliki pertumbuhan yang sangat dramatis.

Selama 13 tahun pertamanya, anak T-rex akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak tiga kilogram setiap hari. Lalu pada usia 20 tahun, seekor T-rex akan sudah mencapai panjang 12-13 meter dan pinggangnya mencapai ketinggian 3,6-3,9 meter.

Baca juga: Nenek Moyang T-rex Ditemukan, Ternyata Cuma Sebesar Rusa

Terkait lengannya, T-rex tidak selalu memiliki lengan yang sangat kecil, meskipun rekor fosil yang ada menunjukkan bahwa lengan T-rex dewasa lebih kecil dari yang kita bayangkan sebelumnya.

Penulis pameran Martin Schwabacher berkata bahwa proporsi lengan T-rex yang baru lahir jauh lebih baik, sehingga ada kemungkinan mereka dapat mencengkeram mangsanya seperti spesies tyrannosaurus yang lebih kecil.  

Pertumbuhan lengan ini memang tidak mengikuti proporsi tubuhnya. Namun, Anda tidak boleh meremehkan lengan T-rex dewasa. Schwabacher mengatakan, mereka tidak lemah; tulang-tulangnya ini sangat kuat, sendi-sendinya sangat fleksibel dan tampaknya mereka lumayan berotot.

Menggunakan lengan itu, T-rex kemungkinan mampu mencakar musuhnya yang sudah terjatuh; meskipun Schwabacher berkata bahwa ia mungkin tidak membutuhkan lengannya karena sudah memiliki kepala dan rahang yang mampu menghancurkan tulang dengan satu gigitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com