Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbobot 8.800 Kg, Scotty jadi T-rex Terbesar yang Pernah Ditemukan

Kompas.com - 23/03/2019, 20:07 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Selama ini Tyrannosaurus rex dianggap sebagai dinosaurus yang paling berbahaya. T-rex juga digambarkan memiliki tubuh raksasa dengan kemampuan bergerak yang cukup gesit.

Baru-baru ini, paleontolog dari University of Alberta mengumumkan jika T-rex memiliki berat badan yang dapat tumbuh hingga 8.800 kg.

Hasil tersebut berdasarkan pada pengukuran fosil T-rex bernama Scotty. Dinosaurus ini hidup di Saskatchewan, Kanada sekitar 66 juta tahun lalu.

"Scotty adalah T-rex terbesar. Setelah melakukan pengukuran pada kaki, pinggul, dan bahu, Scotty keluar sebagai pemenangnya," kata Scott Persons, peneliti di Departemen Ilmu Biologi University of Alberta.

Baca juga: Kecil dan Berbulu, Inilah Rupa Menggemaskan Bayi T-Rex

Kerangka itu sebenarnya pertama kali ditemukan pada tahun 1991, tetapi proses pembersihan serta memindahkan batu serta pasir di sekitar fosil membutuhkan waktu lebih dari satu dekade.

Tidak hanya ukuran serta berat yang luar biasa, Scotty juga diperkirakan memiliki umur yang sudah tua. Peneliti dapat mengetahuinya dengan cara memotong tulang dan mempelajari pola pertumbuhannya.

Scotty diperkirakan berumur 30 tahun ketika mati dan kemungkinan karena pertarungan dengan T-rex lainnya. Peneliti menemukan bintik-bintik bekas luka yang besar, bahkan terdapat patah tulang rusuk, rahang yang terinfeksi serta bekas gigitan pada ekor.

Baca juga: Nenek Moyang T-rex Ditemukan, Ternyata Cuma Sebesar Rusa

Meski begitu, Scotty cukup beruntung bisa mencapai usia tersebut. Sebab, T-rex diketahui merupakan dinosaurus yang berkembang dan mati dengan cepat.

"Nantinya akan selalu ada penemuan baru yang lebih besar. Namun, sekarang Scotty adalah predator terestrial terbesar yang tercatat oleh ilmu pengetahuan," tambah Persons.

Kerangka Scotty akan dipamerkan di Museum Royal Saskatchewan pada Mei 2019 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com