Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resolusi 2020, Ini 6 Cara Belajar Hidup Sehat dan Cegah Kanker

Kompas.com - 31/12/2019, 09:48 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Menjelang 2020, banyak orang yang menuliskan resolusi tahun depan. Tak ada salahnya Anda juga menuliskan resolusi untuk hidup sehat, termasuk agar terhindar dari salah satu penyakit paling mematikan yaitu kanker.

Mengapa mengubah gaya hidup penting untuk mencegah kanker?

Menurut American Cancer Society, sekitar satu dari tiga orang akan terkena kanker selama hidup mereka. Dilansir dari Mother Nature Network, Selasa (31/12/2019), namun sepertiga hingga setengah dari jenis kanker dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup.

Berikut beberapa gaya hidup yang bisa Anda lakukan sebagai resolusi untuk mencegah penyakit kanker.

1. Berhenti merokok

Persoalan larangan merokok, selalu digalakkan pemerintah, tak terkecuali pemerintah Indonesia. Hal itu lantaran rokok telah dinyatakan sebagai salah satu penyebab utama kanker.

Beberapa kanker yang erat kaitannya dari rokok ialah paru-paru, laring, mulut, kerongkongan, tenggorokan, kandung kemih, ginjal, hati, lambung, pankreas, usus besar dan rektum, serta leher rahim.

Tembakau menjadi salah satu komposisi dalam rokok yang disebutkan paling berdampak terhadap kanker. Mengunyah tembakau telah dikaitkan dengan kanker mulut, kerongkongan, dan pankreas.

Baca juga: Mengenang Chrisye, Rokok, dan Kanker Paru yang Menghantuinya

Bukan hanya perokok saja yang dapat terkena imbas. Perokok pasif dan tersier juga memungkinkan terkena kanker akibat paparan asap rokok.

Menurut National Cancer Institute, tidak ada tingkat penggunaan tembakau yang aman. Meskipun demikian, orang yang berhenti merokok, berapapun usianya, memiliki peningkatan harapan hidup yang signifikan dibandingkan orang yang tetap merokok.

2. Makan dengan baik

Resolusi diet menjadi salah satu hal yang sering diharapkan di tahun baru. Namun tak harus diet, Anda bisa memulai makan dengan baik dan benar.

Diet yang dimaksudkan bukanlah menahan diri untuk makan. Diet sebaiknya dilakukan dengan memilah jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Berdasarkan laporan Harvard Medical School, cobalah kurangi konsumsi daging merah dan lemak jenuh yang terkait dengan peningkatan risiko kanker usus besar dan prostat.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Ini Dapat Mencegah Kanker Usus Besar

Batasi juga makanan yang dibakar, makanan yang digoreng serta daging olahan seperti hot dog, bacon, sosis dan beberapa daging deli. Makan daging olahan dalam jumlah besar dapat meningkatkan resiko kanker jenis tertentu.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com