Exoplanet dengan Lautan Magma Bisa "Memakan" Langit Sekitarnya

Kompas.com - 29/12/2019, 20:03 WIB
Tangkapan layar animasi 4000 exoplanet Tangkapan layar animasi 4000 exoplanet

KOMPAS.com - Sebuah studi terbaru menemukan alasan mengapa planet ekstrasurya ( exoplanet) jarang tumbuh lebih besar dari Neptunus. Hal ini lantaran lautan magma planet dapat memakan langit di sekitar mereka.

Dikutip dari Futurity.org, pada tahun 2014, Teleskop Luar Angkasa Kepler milik NASA merekam lebih dari 700 planet baru yang jauh, bahkan banyak di antaranya belum pernah dilihat sebelumnya.

Para ilmuwan mengambil survei terhadap planet-planet yang lebih kecil dari Jupiter.

Banyak di antara planet tersebut seukuran atau lebih besar dari Bumi. Namun, semua tak ada yang mencapai ukuran Neptunus.

Baca juga: Planet Sembilan yang Misterius Diduga Bukan Planet, tetapi Lubang Hitam

Menurut Asisten Profesor di Departemen Ilmu Geofisika di University of Chicago, Edwin Kite, bahwa dalam data yang ada seolah seperti tepi tebing yang cukup dramatis.

"Apa yang membingungkan kami adalah mengapa planet-planet cenderung berhenti tumbuh melampaui tiga kali ukuran Bumi," kata Kite.

Sementara, dijelaskan para peneliti bahwa hal itu terjadi karena lautan magma di permukaan planet-planet ini siap menyerap atmosfer disekitar mereka saat planet tersebut mencapai sekitar tiga kali ukuran Bumi.

Mekanisme magma 'memakan' atmosfer

Kite, menjadi salah satu akademisi yang fokus mempelajari sejarah Mars dan iklim dunia lain.

Kata dia, sebagian besar planet yang sedikit lebih kecil dari ukuran drop-off, dianggap memiliki samudera magma di permukaannya, yaitu berupa lautan besar batuan cair seperti yang pernah menutupi bumi.

Lautan besar batuan cair tersebut bersuhu panas dan terselimuti oleh tebalnya atmosfer yang kaya hidrogen.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Futurity
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X