Bintang Raksasa Betelgeuse Bertindak Aneh, Diprediksi Akan Meledak

Kompas.com - 28/12/2019, 12:06 WIB
Ilustrasi ledakan Betelgeuse ESO/L. CalcadaIlustrasi ledakan Betelgeuse

KOMPAS.COM - Salah satu bintang muda, Betelgeuse bertindak tidak menentu belakangan ini karena meredup secara tiba-tiba. Para astronom memprediksikan bahwa bintang tersebut akan meledak atau sekadar akan melalui sebuah fase.

Betelgeuse adalah bintang di bahu Orion, rasi bintang ikonik dalam bentuk seorang pemburu yang memegang busur di langit malam. Namanya berasal dari bahasa Arab yaitu "tangan Orion.” Jaraknya sekitar 700 tahun cahaya dari Bumi sehingga menjadikannya tetangga yang dekat di galaksi kita.

Betelgeuse juga merupakan jenis bintang variabel. Artinya, ia akan meredup dan mencerah secara teratur dalam siklus yang dapat bertahan selama 420 hari. Betelgeuse kini berada dalam periode redup normal selama beberapa bulan terakhir, tetapi dalam kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut model matematika, proses peredupannya akan berakhir pada pertengahan Januari. Namun, Betelgeuse sering mengikuti aturannya sendiri.