Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang Tidur Karena Kelelahan, Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 27/12/2019, 08:20 WIB
Amalia Zhahrina,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.COM - Ketika sedang berbincang, Anda mungkin menyamakan istilah kelelahan dengan rasa kantuk. Padahal, kedua kata itu sangat berbeda jika diartikan dalam bahasa medis.

Rasa kantuk merupakan sebuah kebutuhan seseorang untuk tidur. Perasaan ini bisa terjadi di mana saja, baik saat mengemudi, bekerja, menonton film, atau bahkan setelah mengonsumsi kafein.

Di sisi lain, kelelahan adalah jenis ketidakmampuan seseorang dalam melakukan apapun, baik fisik maupun mental. Jika Anda lelah, Anda masih bisa produktif dalam menjalani aktivitas.

Kelelahan seringkali bersifat sementara dan tidak perlu dikhawatirkan karena dapat diobati. Namun, jika rasa lelah tersebut selalu muncul hingga memperburuk kegiatan Anda, bisa jadi itu akibat dari masalah kesehatan atau gangguan tidur Anda.

Baca juga: Tidur Malam dengan Lampu Mati Bikin Tubuh Lebih Sehat

Pada 2014, organisasi non-profit, National Sleep Foundation melakukan survey terhadap orang dewasa. Hasilnya, 45 persen mengatakan mereka kelelahan karena kurang tidur, bahkan kurang tidur pada minggu sebelumnya.

Survey tentang kelelahan juga dilakukan Dewan Keamanan Nasional pada tahun 2017. Menurut hasil laporan, sebanyak 20 persen orang mengalami rasa kantuk berlebihan secara teratur dan 76 persen orang merasa lelah di tempat kerja.

Oleh karena itu, salah satu penyebab Anda merasa lelah karena kurangnya waktu tidur Anda.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit , sepertiga orang Amerika tidak mendapatkan rekomendasi tidur selama tujuh jam atau lebih. Bahkan, tujuh jam mungkin tidak cukup bagi orang yang melakukan beragam kegiatan.

ilustrasi memanfaatkan waktu istirahat kantor untuk tidurFreepik ilustrasi memanfaatkan waktu istirahat kantor untuk tidur

Kurang tidur bukan hanya gangguan, ini juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan mobil dan telah dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular dan depresi.

Direktur Harborview Sleep Clinic di University of Washington, Nathaniel Watson mengatakan, kurang tidur juga dapat memengaruhi suasana hati, bahkan kafein tidak dapat mengatasinya.

"Tidak ada pengganti untuk tidur,” ujarnya seperti dilansir ScienceAlert (16/12/2019).

Watson menjelaskan, setiap orang tidak tidur 100 persen selama tujuh jam di kasur. Oleh karena itu, ia menyarankan delapan jam dalam proses tidur, satu jam pertama agar seseorang merasakan ‘waktu bantal’ hingga tertidur pulas dalam tujuh jam berikutnya.

Namun, kelelahan juga dapat disebabkan oleh kesalahan dalam fisiologis tidur atau sering disebut inersia tidur. Kondisi ini terjadi ketika Anda bangun secara tiba-tiba di tengah nyenyaknya tidur sehingga Anda akan sulit bangun di pagi hari jika alarm berdering.

Michael Grandner, direktur Program Penelitian Tidur & Kesehatan Universitas Arizona di Tucson melakukan penelitan yang mengungkapkan bahwa usia juga berhubungan dengan pola tidur yang dapat mempengaruhi rasa lelah.

Seiring bertambahnya usia, pola tidur Anda cenderung berubah. Anda mungkin tidur atau bangun lebih awal secara bergantian. Selain itu, menopause juga menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur.

Baca juga: Mengapa Ibu Hamil Sering Kelelahan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com