Titik Terdalam Daratan Ditemukan, 3,5 Km di Bawah Permukaan Laut

Kompas.com - 24/12/2019, 19:03 WIB
Gletser Jakobshavn diambil dari pesawat riset NASA di Greenland. Gletser Jakobshavn diambil dari pesawat riset NASA di Greenland.

KOMPAS.COM - Titik terdalam daratan di Bumi telah ditemukan, yaitu berada di bawah Gletser Denmen, Antartika Timur. Temuan ini sangat penting terkait perubahan kutub selatan di masa yang akan datang.

Lembah ini memiliki kedalaman 3,5 km (11.500 kaki) di bawah permukaan laut dan digambarkan dalam peta terbaru sebagai "Benua Putih". Peta ini memperlihatkan secara detail bentuk batuan dasar di bawah lapisan es yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sebagai perbandingan, titik terendah di daratan terbuka bumi berada di pantai Laut Mati. Kedalamannya hanya 413 m (1,355 kaki) di bawah permukaan laut.

Temuan baru ini juga menunjukkan adanya punggungan bukit yang tidak dikenali sebelumnya. Punggungan ini berfungsi sebagai ‘pembatas’ dan menghambat mencairnya gletser ke bagian bumi yang memanas.

"Ini tidak diragukan lagi, potret yang paling akurat dari apa yang ada di bawah lapisan es Antartika" ujar Dr Mathieu Morlighem, yang bekerja pada proyek ini selama enam tahun.

Baca juga: Bencana Besar jika Suhu Bumi Naik 2 Derajat Celcius pada 2030

Pada dasarnya, peta ini pada dasarnya mengisi semua celah dalam survei udara di benua itu.
Selama beberapa dekade, perangkat radar telah melintasi Antartika dengan mengirimkan gelombang mikro untuk melacak topografi batuan dibawah lapisan es.

Namun, masih ada area yang luas yang sedikit, bahkan tidak terdapat data-datanya.

Morlighem memberikan solusi, yaitu dengan menggunakan konservasi massa dalam fisika untuk memenuhi data-data tersebut.

Misalnya, untuk mengetahui kedalaman dan kekasaran dasar lembah tersebut, maka dilakukan perhitungan berapa banyak es yang masuk ke lembah yang sempit dan seberapa kecepatannya.

Baca juga: Bagaimana Jika Bumi Datar?

Untuk Glester Denman selebar 20 km yang mengalir ke arah laut di Queen Mary Land, pendekatan ini mengungkapkan, es akan turun hingga lebih dari 3.500 m di bawah permukaan laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X