Bencana Besar jika Suhu Bumi Naik 2 Derajat Celcius pada 2030

Kompas.com - 27/11/2019, 18:05 WIB
Foto dirilis Jumat (1/11/2019), memperlihatkan tempat penampungan air dari kincir air untuk pengairan areal sawah di Desa Manggungsari, Kabupaten Tasikmalaya. Bagi petani di kawasan tersebut, kincir air menjadi jalan keluar untuk mengairi lahan persawahan yang terancam puso alias gagal panen kala musim kemarau. ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMIFoto dirilis Jumat (1/11/2019), memperlihatkan tempat penampungan air dari kincir air untuk pengairan areal sawah di Desa Manggungsari, Kabupaten Tasikmalaya. Bagi petani di kawasan tersebut, kincir air menjadi jalan keluar untuk mengairi lahan persawahan yang terancam puso alias gagal panen kala musim kemarau.


KOMPAS.com – Pada Oktober 2018, sekelompok ilmuwan dari berbagai negara merumuskan laporan berjudul “Global Warming of 1.5 Degree Celcius”.

Para ilmuwan yang tergabung dalam Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) tersebut menjelaskan dampak negatif jika Bumi mengalami kenaikan suhu di atas 1,5 derajat Celcius.

Penting untuk menekan kenaikan suhu Bumi agar tidak lebih dari 1,5 derajat Celcius pada 2030.

Baca juga: 5 Malapetaka yang Terjadi jika Suhu Bumi Naik 1,5 Derajat Celsius

Director World Resources Institute (Yayasan Institut Sumber Daya Manusia) Indonesia, Nirarta Samadhi, dalam presentasinya menyebutkan bahwa negara-negara di dunia hanya memiliki waktu kurang dari 12 tahun untuk mencegah kenaikan suhu sebesar 2 derajat Celcius.

“Beberapa efek yang mungkin terjaid antara lain hawa panas yang ekstrem, kenaikan permukaan laut, kegagalan panen, dan matinya koral di lautan,” tuturnya dalam diskusi yang digelar di kantor WRI Indonesia, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Jika suhu Bumi naik 2 derajat Celcius…

Maka suhu Bumi akan mengalami peningkatan sebesar 37 persen. Sementara jika suhu ditekan dengan kenaikan di bawah 1,5 derajat Celcius, peningkatan suhu Bumi akan sebesar 14 persen.

Kemudian, jika suhu Bumi naik menjadi 2 derajat Celcius, permukaan laut akan naik sebesar 0,46 meter. Jika suhu ditekan dengan kenaikan di bawah 1,5 derajat Celcius, kenaikan permukaan laut akan sebesar 0,4 meter.

Terumbu karang di Pantai Basring.Dok Pesona Travel dan Pemkab Banyuwangi Terumbu karang di Pantai Basring.

Naiknya suhu Bumi juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan panen. Jika suhu Bumi naik 2 derajat Celcius, maka jumlah panen dunia akan berkurang sebesar 7 persen. Sementara jika suhu ditekan dengan kenaikan di bawah 1,5 derajat Celcius, gagal panen kemungkinan bertambah 3 persen.

Mengenai biota laut, jika suhu Bumi bertambah 2 derajat Celcius, jumlah koral di dunia akan berkurang sebesar 99 persen. Sementara jika suhu ditekan dengan kenaikan di bawah 1,5 derajat Celcius, jumlah koral akan berkurang 70-90 persen.

COP 25

Lalu bagaimana cara untuk menekan suhu Bumi agar tidak bertambah lebih dari 1,5 derajat Celcius pada 2030?

Puluhan negara berkumpul untuk mengikuti United Nations (UN) Climate Change Conference COP 25 yang akan digelar pada 2-13 Desember 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X