Nyeri Berlebih saat Haid? Waspada Endometriosis, Si Pemicu Susah Hamil

Kompas.com - 19/12/2019, 11:32 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Salah satu penyebab wanita susah hamil disebabkan oleh endometriosis.

Dilansir Hello Sehat, endometriosis adalah kondisi di mana jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim (endometrium) tumbuh dan menumpuk di luar rahim.

Dalam keadaan normal, jaringan dinding rahim akan menebal ketika Anda akan mengalami ovulasi.

Hal ini terjadi sebagai upaya persiapan agar calon janin dapat menempel pada rahim jika terjadi pembuahan. Bila tak ada pembuahan, endometrium yang telah menebal akan luruh dan keluar dari tubuh dalam bentuk darah. Nah, saat itulah Anda mengalami haid.

Sementara jika Anda mengalami penyakit ini, jaringan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim juga akan ikut meluruh saat Anda mengalami haid.

Namun, jaringan yang meluruh itu tidak keluar melalui vagina seperti pada jaringan normal yang terdapat di dalam rahim, sehingga sisa-sisa endometrium tersebut akan mengendap di sekitar organ reproduksi.

Salah satu gejala endometriosis yang sering dialami perempuan, tapi diabaikan adalah sakit nyeri berlebih di bagian perut dan punggung ketika sedang haid.

Baca juga: Susah Tidur Setiap Kali Mau Haid? Ini Alasannya Menurut Sains

Endometriosis terjadi pada 10 persen perempuan pada usia reproduksi atau premenopause.

"Prevalensi endometriosis terjadi sekitar 10 persen pada perempuan usia reproduksi atau premenopause pada populasi dunia," ujar Dosen Poltekkes Kemenkes Palembang, Ocktariyana SST, M.Kes, dalam promosi gelar doktor bidang Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Selasa (17/12/2019),

Dari laporan yang diterima Okta, sepertiga usia remaja 10-21 tahun memiliki keluhan nyeri kronis di daerah perut dan panggul. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X