Susah Tidur Setiap Kali Mau Haid? Ini Alasannya Menurut Sains

Kompas.com - 07/11/2019, 18:07 WIB
Ilustrasi insomnia shutterstockIlustrasi insomnia

KOMPAS.com - Sindrom prahaid menimbulkan banyak keluhan bagi wanita, mulai dari jerawat, rasa nyeri di dada, sakit perut, kembung hingga sakit kepala.

Selain perubahan kondisi fisik, banyak wanita yang tiba-tiba jadi susah tidur ketika akan haid atau menstruasi. Apa sebabnya?

Dijelaskan oleh Michael Breus, PhD, ABSM, pakar tidur WebMD, naik turunnya hormon estrogen dan progesteron yang meregulasi siklus menstruasi memang bisa memengaruhi kemampuan wanita untuk tidur dan kualitas tidurnya.

Siklus menstruasi wanita dibagi menjadi dua fase:

Fase pertama adalah fase folikuler yang dimulai dari hari pertama menstruasi hingga ovulasi.

Fase kedua adalah luteal yang dimulai setelah ovulasi.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Perut Kram saat Menstruasi?

Pada fase folikuler, tingkat hormon estrogen terus meningkat hingga mencapai ovulasi.

Breus berkata bahwa estrogen ini seperti suplemen energi. Akibatnya, ketika ovulasi terjadi, biasanya sekitar hari ke-14, estrogen tiba-tiba meningkat drastis dan menyebabkan gangguan tidur pada wanita.

Sebaliknya, pada fase luteal atau setelah ovulasi, hormon progesteronlah yang terus meningkat, dan hormon ini membuat Anda merasa mengantuk.

Lantas, beberapa hari ketika Anda akan menstruasi hormon estrogen dan progesteron turun drastis. Penurunan drastis inilah yang bisa membuat wanita tiba-tiba mengalami insomnia atau susah tidur.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber WebMD
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X