Harbolnas, Kenali 4 Pola Gelap dalam Situs Belanja Online

Kompas.com - 12/12/2019, 17:03 WIB
ilustrasi belanja online Shutterstockilustrasi belanja online

KOMPAS.COM - Sehubungan dengan Hari Belanja Online Nasional ( Harbolnas), Anda mungkin menjadi salah satu pengincar diskon dan tergiur dengan harga yang ditawarkan oleh situs belanja online.

Namun, apakah Anda mengetahui bahwa itu semua adalah trik atau pola gelap situs belanja online?

Pola gelap atau dark pattern merupakan sebuah strategi manipulatif yang digunakan oleh kebanyakan situs belanja online.

Dilansir dari The Atlantic (02/08/2019), istilah ini diciptakan oleh ilmuwan kognitif yang berbasis di London, Harry Brignull pada 2010 untuk menggambarkan praktik online yang menipu.

"Pola gelap pada dasarnya adalah taktik yang digunakan oleh desain antarmuka pengguna untuk mengarahkan pengguna ke jalur tertentu untuk kepentingan penyedia layanan," kata Marshini Chetty, asisten profesor ilmu komputer di UChicago.

Baca juga: Begini Cara Gelap Situs Belanja Online Memanipulasi Anda Jadi Boros

Sebuah tim peneliti Princeton membuat katalog teknik-teknik menipu ini dengan mengambil data dari 11.000 situs belanja. Tujuannya, untuk mengidentifikasi cara halus para situs menggunakan pengetahuan kita untuk mengendalikan kita.

Hasilnya, lebih dari satu dari 10 situs mengandung setidaknya satu jenis pola gelap. Semakin populer situs tersebut, semakin besar kemungkinan situs tersebut menggunakan setidaknya satu pola gelap.

Lalu, apa saja pola gelap yang disajikan oleh situs belanja online?

1. Angka yang menunjukkan sisa produk

Ketika sedang memilih produk, Anda mungkin akan melihat pesan yang menyatakan "hanya ada delapan yang tersisa!" Pesan tersebut mendesak Anda untuk membeli segera sebelum produk hilang.

Ternyata, para peneliti menganalisis skrip dan plug-in halaman web sehingga menemukan bahwa dalam banyak kasus, angka-angka ini dihasilkan secara acak atau diatur untuk berkurang sesuai dengan jadwal.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X