Kompas.com - 10/12/2019, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Di dunia hewan, gajah bukanlah satu-satunya satwa yang memiliki ingatan luar biasa. Sebuah penelitian berhasil menunjukkan kalau kura-kura raksasa tak hanya dapat dilatih, tetapi juga memiliki ingatan kuat.

Kesimpulan itu diambil berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti dari Okinawa Institute of Science and Technology, the Hebrew University, dan Tiergarten Schönbrunn, Maxingstrasse.

Peneliti melatih melatih 8 kura-kura Galapagos (Chelonoidis cf. nigra) dan 9 kura-kura Aldabra (Aldabrachelys gigantea) dari dua kebun binatang di Austria dan Wina. Kura-kura tersebut diajarkan tugas-tugas sederhana yang berorientasi pada tujuan.

Baca juga: Gen Kura-kura Raksasa Ungkap Rahasia Hidup Panjangnya

Kura-kura dilatih menggigit bola berwarna yang ditempelkan di ujung batang. Jika berhasil menggigit bola berwarna dengan tepat, maka kura-kura akan mendapat hadiah. Sebaliknya kalau yang digigit salah, kura-kura tak akan mendapat hadiah. Hasilnya semua kura-kura mampu mempelajari tugas sederhana ini.

Sementara untuk menguji ingatan kura-kura, setelah 95 hari kemudian, peneliti kembali melakukan tes. Masih dengan tongkat dan bola berwarna, peneliti kembali melaporkan bahwa semua kura-kura mampu mengingat latihan sebelumnya dan memilih bola yang tepat.

Terakhir, peneliti kembali lagi ke kebun binatang setelah 9 tahun kemudian dan menguji semua kura-kura lagi. Lagi-lagi peneliti menemukan hasil yang sama, setiap kura-kura memilih bola berwarna yang benar.

Di samping itu, peneliti juga mencatat kalau selama pelatihan, kura-kura tampaknya menangkap lebih cepat saat dilatih berkelompok.

"Kami sekarang memberikan bukti pertama untuk pembelajaran sosial di kura-kura Galapagos dan Aldabra," jelas peneliti.

Baca juga: Terungkap, Inilah Alasan Sebenarnya Kura-kura Punya Tempurung

Selama ini kura-kura Galapagos dan Aldabra sering dianggap mahluk soliter dengan kecerdasan minimal karena di alam liar raksasa kadang menunjukkan kebalikannya.

Namun kura-kura raksasa tersebut dikenal karena melakukan perjalanan jarak jauh yang mereka tempuh. Kemampuan untuk menuju dan mengetahui cara kembali itu membuat para peneliti mencurigai bahwa kura-kura raksasa mungkin memiliki ingatan yang baik. Hal ini lah yang menjadi pemicu bagi para peneliti untuk merancang tes untuk menguji ingatan kura-kura.

Meski begitu masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hasil tersebut karena sampel masih cukup kecil. Tetapi studi ini setidaknya merupakan salah satu langkah untuk mempelajari kecerdasan dari raksasa berumur panjang tersebut. Setelah kita meremehkan kemampuan mereka, sekarang kita bisa mulai memperbaiki persepsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.