Kompas.com - 22/07/2016, 20:50 WIB
Tempurung Eunotosaurus, Kura-kura Purba Tyler R LysonTempurung Eunotosaurus, Kura-kura Purba
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Saat ini lebih banyak orang mengetahui tempurung kura-kura berfungsi sebagai pelindung. Namun jauh sebelum itu, kura-kura purba menggunakan tempurungnya untuk alasan yang berbeda.

Peneliti melihat sisa-sisa dari 47 kura-kura proto purba (Eunotosaurus africanus), jenis reptil purba yang memiliki tempurung sebagian. Mereka menemukan bahwa hewan tersebut memiliki tulang rusuk yang lebih lebar.

Analisis kemudian mengungkap bahwa kura-kura purba dulunya menggunakan tempurung untuk menggali liang dan seiring proses evolusi fungsinya berubah menjadi perisai perlindungan.

"Mengapa tempurung kura-kura berkembang, itu pertanyaan serius dan jawabannya jelas, untuk perlindungan," kata Tyler Lyson, Kurator Paleontologi Vertebrata di Museum Alam dan Ilmu Pengetahuan Denver kepada Livescience, Senin (18/7/2016)

"(Namun awalnya) tempurung kura-kura tidak untuk perlindungan tapi untuk menggali tanah. Mereka melakukannya untuk melarikan diri dari lingkungan yang tidak bersahabat di Afrika Selatan, tempat dimana mereka tinggal," tambahnya.

Sejarah evolusi tempurung kura-kura itu sejak dulu memang membingungkan para peneliti. Hal ini karena minimnya fosil yang ditemukan.

"Kami tahu dari catatan fosil dan mengamati bagaimana tempurung kura-kura modern berkembang di dan salah satu perubahan besarnya adalah tulang rusuk yang makin melebar," kata Lyson.

Ilmuwan menduga bahwa tempurung kura-kura merupakan modifikasi dari tulang rusuk. Tulang rusuk itu melebar dan menjelma menjadi tempurung.

Namun demikian, ada keraguan. Tulang rusuk yang lebar ternyata tidak membantu sebagai perlindungan. Justru, kura-kura menjadi terhambat aktivitasnya.

Tulang rusuk digunakan untuk membantu tubuh selama bergerak dan menyediakan ruang bagi paru-paru saat mengembang. Dengan tulang rusuk yang bertambah lebar justru akan membuat kesulitan saat bernapas dan gerakan hewan makin lambat.