Kompas.com - 22/07/2016, 20:50 WIB
Tempurung Eunotosaurus, Kura-kura Purba Tyler R LysonTempurung Eunotosaurus, Kura-kura Purba
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Saat ini lebih banyak orang mengetahui tempurung kura-kura berfungsi sebagai pelindung. Namun jauh sebelum itu, kura-kura purba menggunakan tempurungnya untuk alasan yang berbeda.

Peneliti melihat sisa-sisa dari 47 kura-kura proto purba (Eunotosaurus africanus), jenis reptil purba yang memiliki tempurung sebagian. Mereka menemukan bahwa hewan tersebut memiliki tulang rusuk yang lebih lebar.

Analisis kemudian mengungkap bahwa kura-kura purba dulunya menggunakan tempurung untuk menggali liang dan seiring proses evolusi fungsinya berubah menjadi perisai perlindungan.

"Mengapa tempurung kura-kura berkembang, itu pertanyaan serius dan jawabannya jelas, untuk perlindungan," kata Tyler Lyson, Kurator Paleontologi Vertebrata di Museum Alam dan Ilmu Pengetahuan Denver kepada Livescience, Senin (18/7/2016)

"(Namun awalnya) tempurung kura-kura tidak untuk perlindungan tapi untuk menggali tanah. Mereka melakukannya untuk melarikan diri dari lingkungan yang tidak bersahabat di Afrika Selatan, tempat dimana mereka tinggal," tambahnya.

Sejarah evolusi tempurung kura-kura itu sejak dulu memang membingungkan para peneliti. Hal ini karena minimnya fosil yang ditemukan.

"Kami tahu dari catatan fosil dan mengamati bagaimana tempurung kura-kura modern berkembang di dan salah satu perubahan besarnya adalah tulang rusuk yang makin melebar," kata Lyson.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilmuwan menduga bahwa tempurung kura-kura merupakan modifikasi dari tulang rusuk. Tulang rusuk itu melebar dan menjelma menjadi tempurung.

Namun demikian, ada keraguan. Tulang rusuk yang lebar ternyata tidak membantu sebagai perlindungan. Justru, kura-kura menjadi terhambat aktivitasnya.

Tulang rusuk digunakan untuk membantu tubuh selama bergerak dan menyediakan ruang bagi paru-paru saat mengembang. Dengan tulang rusuk yang bertambah lebar justru akan membuat kesulitan saat bernapas dan gerakan hewan makin lambat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.