Integrasi Jadi Tantangan Tatalaksana Imunologi di Indonesia

Kompas.com - 09/12/2019, 12:04 WIB
Ilustrasi Penyakit autoimun. Ilustrasi Penyakit autoimun.

KOMPAS.com - Autoimun menjadi persoalan yang akhir-akhir ini semakin marak diperbincangkan. Beberapa publik figur menderita penyakit ini, salah satunya Ashanty. 

Disampaikan oleh ahli imunitas Prof Dr dr Iris Renggaris SpPD-KAI FINASIM, autoimun merupakan penyakit sistem imun yang paling sering ditemukan.

Apa itu autoimun?

"Autoimunitas terjadi ketika sel-sel dalam sistem imun melanggar batas toleransi dan tidak dapat membedakan antara diri sendiri (self) dan benda asing (non-self)," kata dr Iris dalam acara pengukuhannya sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Untuk diketahui, ada lebih dari 100 jenis penyakit autoimun. Beberapa di antaranya melibatkan beberapa sistem organ, seperti Lupus Eritematosus Sistemik (Lupus) dan Sindrom Sjögren.

"Autoimunitas merupakan contoh utama diperlukannya kerja sama lintas bidang keilmuan dalam imunologi," ujarnya.

Baca juga: Ashanty Didiagnosis Idap Penyakit Autoimun, Kenali 14 Jenisnya

Kondisi ini merupakan salah satu penyakit manusia yang sangat kompleks dan melibatkan berbagai spesialisasi atau subspesialisasi ilmu kedokteran.

Menurut dr Iris, keterkaitan antara faktor genetik dan lingkungan memainkan interaksi kompleks yang tidak bisa dikuasai oleh satu bidang keilmuan saja.

Sistem imun (kekebalan tubuh)

Sistem imun (kekebalan) tubuh pada semua organisme dalam ilmu biomedis termasuk dalam kajian imunologi.

Hal itu juga terkait dengan segala hubungannya sistem imun atau kekebalan tubuh dengan berbagai kondisi penyakit, salah satunya autoimun tersebut.

"Sistem imun manusia sangat kompleks. Terdiri dari berbagai jenis sel, jaringan, dan organ di dalam tubuh," kata dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X