Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2019, 12:04 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Autoimun menjadi persoalan yang akhir-akhir ini semakin marak diperbincangkan. Beberapa publik figur menderita penyakit ini, salah satunya Ashanty. 

Disampaikan oleh ahli imunitas Prof Dr dr Iris Renggaris SpPD-KAI FINASIM, autoimun merupakan penyakit sistem imun yang paling sering ditemukan.

Apa itu autoimun?

"Autoimunitas terjadi ketika sel-sel dalam sistem imun melanggar batas toleransi dan tidak dapat membedakan antara diri sendiri (self) dan benda asing (non-self)," kata dr Iris dalam acara pengukuhannya sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Untuk diketahui, ada lebih dari 100 jenis penyakit autoimun. Beberapa di antaranya melibatkan beberapa sistem organ, seperti Lupus Eritematosus Sistemik (Lupus) dan Sindrom Sjögren.

"Autoimunitas merupakan contoh utama diperlukannya kerja sama lintas bidang keilmuan dalam imunologi," ujarnya.

Baca juga: Ashanty Didiagnosis Idap Penyakit Autoimun, Kenali 14 Jenisnya

Kondisi ini merupakan salah satu penyakit manusia yang sangat kompleks dan melibatkan berbagai spesialisasi atau subspesialisasi ilmu kedokteran.

Menurut dr Iris, keterkaitan antara faktor genetik dan lingkungan memainkan interaksi kompleks yang tidak bisa dikuasai oleh satu bidang keilmuan saja.

Sistem imun (kekebalan tubuh)

Sistem imun (kekebalan) tubuh pada semua organisme dalam ilmu biomedis termasuk dalam kajian imunologi.

Hal itu juga terkait dengan segala hubungannya sistem imun atau kekebalan tubuh dengan berbagai kondisi penyakit, salah satunya autoimun tersebut.

"Sistem imun manusia sangat kompleks. Terdiri dari berbagai jenis sel, jaringan, dan organ di dalam tubuh," kata dia.

Baca juga: Pembuluh Darah Ashanty Meradang karena Autoimun, Apa Itu?

Setiap struktur mempunyai peran unik, mampu mengenali antigen atau benda asing yang berbeda-beda, berkomunikasi satu dengan lainnya dan melakukan fungsinya secara terkoordinasi seperti suatu orkestra.

Ruang lingkup imunologi sangat luas. Imunologi adalah cabang ilmu terapan mengenai penyakit-penyakit terkait sistem imun.

"Kompleksnya Imunologi telah merambah ke berbagai bidang ilmu terkait, bahkan saat ini dikatakan hampir tidak ada spesialisasi kedokteran yang tidak mempunyai komponen Imunologi di dalamnya," ujarnya.

Ilustrasi autoimunShutterstock Ilustrasi autoimun

Bagaimana tantangan tatalaksana imunologi di era kedokteran modern?

Dalam dua dekade terakhir kemajuan pesat di bidang imunologi tampak lewat perkembangan vaksin baru, imunoterapi kanker, penguraian gen-gen yang terlibat dalam sistem imun, serta peran stabilitas mikrobiom yaitu kumpulan mikrobiota (bakteri, virus, jamur), dan gen-gen mereka dalam mencegah penyakit terkait sistem imun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com