5 Fakta Tawon Ndas yang Harus Diketahui, dari Waktu Aktif sampai Feromon

Kompas.com - 07/12/2019, 10:05 WIB
Tawon Vespa Affinis atau Hornet. Tawon Vespa Affinis atau Hornet.

KOMPAS.COM - Tawon ndas yang memiliki nama ilmiah Vespa affinis merupakan jenis tawon yang berbahaya.

Hal ini dibuktikan dari kasus serangan tawon ndas yang terjadi di beberapa daerah Jawa Tengah, yaitu Boyolali, Klaten, Karanganyar, Sukoharjo, Demak, Semarang, Pemalang, dan Kudus.

Bahkan, peneliti tawon Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hari Nugroho, mengungkapkan bahwa dalam beberapa bulan ini, laporan kasus serangan tawon ndas sudah menjalar ke daerah lain mulai dari Bekasi, Sukabumi, hingga Medan.

Tawon ndas sangat mudah dikenali dari gelang warna kuning atau oranye di perutnya. Lalu, kemiripan bentuknya dengan vespa piaggio membuat serangga ini diberi nama ilmiah Vespa affinis.

Berikut adalah lima fakta tentang tawon ndas atau Vespa affinis yang harus Anda ketahui

Baca juga: 2 Orang Jadi Korban, Begini Cara Aman Tangani Sarang Tawon Ndas

1. Merupakan jenis social wasps (hidup dalam kelompok)

Hari menjelaskan, sebagai salah satu jenis dari social wasps, tawon ndas memiliki sistem bermasyarakat atau hidup berkelompok seperti lebah. Hal ini membuat membuat tawon ndas memiliki fase pemeliharaan anak (maternal care)

2. Habitatnya di mana-mana

Tawon ndas merupakan pemangsa larva yang dapat ditemukan di berbagai tempat.

"Seluruh tawon ini umum dijumpai di semua jenis habitat, jadi ada di mana-mana. Ada di hutan, di rumput, bahkan ada di kawasan bakau (mangrove), dia sampai ke ekosistem buatan manusia seperti lahan pertanian, kompleks urban atau kawasan permukiman dia ada semua," kata Hari saat ditemui dalam Science Briefing di LIPI, Cibinong, Kamis (5/12/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X