Badai Kammuri Picu Hujan Lebat Disertai Angin di Indonesia

Kompas.com - 05/12/2019, 16:08 WIB
Ilustrasi hujan KulkannIlustrasi hujan

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memprediksi dalam tiga hari kedepan (5-7 Desember 2019) terjadi hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah Indonesia.

Hujan lebat disertai angin dipicu oleh lahirnya siklon Kammuri di Laut China Selatan yang bergerak ke arah Barat.

Sirkulasi siklonik terdapat di Kalimantan bagian tengah (925/850mb), Utara Australia (925/900mb), dan di Samudera pasifik Utara Papua (925/800mb), serta sirkulasi tertutup di Sulawesi bagian utara.

Baca juga: Badai Kammuri Picu Gelombang Setinggi 6 Meter di Perairan Indonesia

Konvergensi memanjang di Laut Jawa dan Perairan barat Aceh.

Belokan angin terdapat di Sumatera, Jawa, Selat Karimata, Kalimantan, Sulawesi bag tengah, Papua Barat, dan Papua.

Low level Jet dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai lebih dari 25 knot terdapat di Laut Cina Selatan.

Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat 05 Desember 2019 Sumatera Barat, Kep. Riau, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat.

"Kondisi ini masih berlangsung untuk esok harinya 06 Desember 2019 di Sumatera Barat, Kep. Riau, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat," tulis BMKG dalam siaran resminya, Kamis (5/12/2019).

Sabtu, (7/12/2019), wilayah Sumatera Barat, Kep. Riau, Lampung, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Tengah masih berpotensi dilanda hujan lebat.

Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada hari ini (5/12/2019) di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan,kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua.

Kondisi serupa untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan,kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua, masih terjadi hingga Jumat (6/12/2019).

Untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan,kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Papua diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Sabtu (7/12/2019).

Baca juga: Cuaca Sangat Panas, Apakah Berhubungan dengan Mundurnya Musim Hujan?

"BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir atau kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," tutup BMKG.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X