Mengenal Sanca Kembang yang Hebohkan Warga Surabaya dan Lamongan

Kompas.com - 18/11/2019, 17:32 WIB
Diki dan Doni saat menangkap ular sanca, dengan panjang diprediksi 3,3 meter hingga 3,4 meter. istimewaDiki dan Doni saat menangkap ular sanca, dengan panjang diprediksi 3,3 meter hingga 3,4 meter.

KOMPAS.com - Ular piton sanca kembang ramai dibicarakan setelah muncul di sungai kering dan menghebohkan penduduk Candi Lempung, Surabaya, Sabtu (16/11/2019).

Beruntung, warga setempat yang bernama Mariyadi (41) berhasil menangkap ular yang panjangnya diperkirakan 4 meter itu. Dia mengaku berjibaku selama 15 menit untuk menangkap ular tersebut.

"Saya pegang ekornya, saya tarik, sempat lepas karena melawan. Sempat tarung sama saya, sampai saya jatuh," ujarnya, seperti dilansir Tribunnews.com, Minggu (17/11/2019).

Selain di Surabaya, pagi tadi dua orang warga Lamongan, Jawa Timur, juga dikabarkan berhasil menangkap ular sanca kembang.

Ular tersebut ditemukan dua warga Dusun Mlawang, Desa Surabayan, Lamongan, yaitu Doni (20) dan Diki (20).

"Awal yang menemukan pertama kali itu Diki, saat dia mau memberi makan ikan lele di kolam yang ada di belakang rumah. Tadi pagi sekitar pukul 07.00 WIB," ujar Doni saat dihubungi, Senin (18/11/2019).

Baca juga: Seekor Ular Raja Kena Penyakit Jamur dan Bikin Wajahnya Mirip Mumi

Berkaitan dengan penangkapan ular yang menghebohkan ini, peneliti bidang herpetologi LIPI, Amir Hamidy, membenarkan bahwa kedua ular yang ditangkap adalah sanca kembang.

"Benar, itu ular sanca kembang," kata Amir dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin.

Sanca kembang atau disebut juga sanca batik (Malayopython reticulatus) merupakan jenis ular dari keluarga Pythonidae yang berukuran besar dan memiliki tubuh terpanjang dibanding ular lain.

Masyarakat di Indonesia dan Malaysia sering menggunakan kata sanca untuk menyebut ular jenis piton ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X