Hewan "Tikus-Rusa" yang Dianggap Punah Terlihat di Vietnam

Kompas.com - 12/11/2019, 18:03 WIB
Hewan menyerupai perpaduan tikus dan rusa (Tragulus versicolor) dianggap sudah punah sejak tahun 1990-an. Namun kini tim peneliti menemukan populasi tikus-rusa di kawasan hutan pesisir pantai Vietnam.

KOMPAS.com - Hewan yang menyerupai perpaduan tikus dan rusa berhasil direkam di salah satu kawasan hutan wilayah tenggara Vietnam. 'Tikus-rusa' ini tadinya diperkirakan sudah punah sejak terlihat terakhir kali pada tahun 1990-an.

Para peneliti yang bekerja di kawasan hutan dataran rendah di Nha Trang, Vietnam, berhasil mengambil rekaman foto hewan bernama latin Trugalus versicolor ini untuk pertama kalinya sejak diperkirakan punah.

Menurut laporan penemuan ini yang dirilis hari Selasa (12/11/2019) dalam Jurnal Nature, kepunahan tikus-rusa sebelumnya dikhawatirkan terjadi akibat pembukaan lahan dan perburuan liar di habitat hewan ini.

Sebelum adanya rekaman video dan foto-foto ini, keberadaan tikus-rusa hanya diketahui dari beberapa bangkai spesies ini dan dari cerita warga setempat.