Peringati Hari Badak Sedunia, Kenali 5 Fakta Satwa Terancam Punah Ini

Kompas.com - 23/09/2019, 12:32 WIB
Badak hitam berlari-lari di kandangnya, Taman Nasional Zakouma, Jumat (4/5/2018). STEFAN HEUNIS / AFP STEFAN HEUNIS / AFPBadak hitam berlari-lari di kandangnya, Taman Nasional Zakouma, Jumat (4/5/2018). STEFAN HEUNIS / AFP

KOMPAS.com - Setiap tanggal 22 September, dunia memperingati hari badak. Ini merupakan salah satu upaya untuk lebih mengenal badak, satwa yang paling terancam punah.

Badak merupakan satu dari beberapa hewan paling ikonik yang dimiliki Bumi karena bentuk tubuhnya, tak lain hewan bertubuh besar ini memiliki tanduk khas.

Sayangnya, ketenaran badak justru membuat perburuan badak gencar dilakukan di seluruh dunia. Hal ini membuat populasi badak berkurang drastis.

Selain perburuan, rusaknya habitat badak juga membuat spesies dengan nama ilmiah Rhinocerotidae makin terancam punah.

Badak membutuhkan perlindungan manusia agar terhindar dari kepunahan. Berikut adalah 5 fakta menarik badak yang perlu Anda tahu, dilansir dari Mother Nature Network.

Baca juga: Dokter Jantung Anak di Indonesia Lebih Langka dari Badak Sumatera

1. Mendiami Bumi selama 50 juta tahun

Badak telah tinggal di Bumi selama kurang lebih 50 juta tahun.

Saat itu, spesies badak tersebar di seluruh penjuru dunia. Mulai dari Afrika dan Asia, juga Eropa, hingga Amerika Utara.

Perkembangan dunia menyisakan lima spesies badak saat ini, yakni badak putih dan hitam dari Afrika, badak bercula satu di anak benua India, serta badak Jawa dan Sumatera yang endemik di Indonesia.

Di masa lalu, pohon keluarga badak jauh lebih beragam. Salah satu yang paling terkenal adalah spesies unicorn raksasa yang panjang tubuhnya mencapai 6 meter dengan tandung berukuran 2 meter di kepala.

2. Populasi badak turun drastis dalam 100 tahun terakhir

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X