Voyager 2 Tinggalkan Tata Surya, Siap Menjelajah Ruang Antarbintang

Kompas.com - 05/11/2019, 12:05 WIB
Voyager 2 berhasil meninggalkan Tata Surya. NASA/CALTECHVoyager 2 berhasil meninggalkan Tata Surya.

KOMPAS.com – Ini adalah momen bersejarah. Pesawat milik NASA, Voyager 2, berhasil melewati batas antara Tata Surya dengan ruang antarbintang

Batas tersebut bernama heliopause, yang memiliki medan magnetik sangat kuat.

Jurnal Nature Astronomy menyebutkan Voyager 2 meninggalkan Tata Surya pada 5 November 2018, dengan jarak 119 unit astronomi (17,8 miliar kilometer) dari Matahari. Namun, Para ilmuwan tidak serta-merta mengumumkan bahwa Voyager 2 berhasil melewati heliopause. Hal itu baru bisa dilakukan sekitar delapan bulan kemudian.

Voyager 1 dan Voyager 2 diluncurkan pada 1977 silam untuk mempelajari dunia di luar Tata Surya. Voyager 2 diluncurkan terlebih dahulu dua minggu sebelum Voyager 1.

Pada 1989, Voyager 2 sempat melakukan ekspedisi Neptunus. Oleh karena itu Voyager 1 maju terlebih dahulu untuk keluar dari Tata Surya.