Voyager 2 Tinggalkan Tata Surya, Siap Menjelajah Ruang Antarbintang

Kompas.com - 05/11/2019, 12:05 WIB
Voyager 2 berhasil meninggalkan Tata Surya. NASA/CALTECHVoyager 2 berhasil meninggalkan Tata Surya.

KOMPAS.com – Ini adalah momen bersejarah. Pesawat milik NASA, Voyager 2, berhasil melewati batas antara Tata Surya dengan ruang antarbintang

Batas tersebut bernama heliopause, yang memiliki medan magnetik sangat kuat.

Jurnal Nature Astronomy menyebutkan Voyager 2 meninggalkan Tata Surya pada 5 November 2018, dengan jarak 119 unit astronomi (17,8 miliar kilometer) dari Matahari. Namun, Para ilmuwan tidak serta-merta mengumumkan bahwa Voyager 2 berhasil melewati heliopause. Hal itu baru bisa dilakukan sekitar delapan bulan kemudian.

Voyager 1 dan Voyager 2 diluncurkan pada 1977 silam untuk mempelajari dunia di luar Tata Surya. Voyager 2 diluncurkan terlebih dahulu dua minggu sebelum Voyager 1.

Pada 1989, Voyager 2 sempat melakukan ekspedisi Neptunus. Oleh karena itu Voyager 1 maju terlebih dahulu untuk keluar dari Tata Surya.

Baca juga: Kali Pertama, Astronom Temukan Air di Planet Luar Tata Surya

Namun enam tahun lalu, tepatnya pada 25 Agustus 2012, Voyager 1 mengalami kerusakan saat melintasi heliopause. Jarak Voyager 1 pada waktu itu adalah 121,6 unit astronomi (18,1 miliar kilometer) dari Matahari.

Meski begitu, Voyager 2 dinyatakan berhasil melintasi heliopause.

“Pada momen tersebut, misinya menjadi Voyager Interstellar Mission,” tutur Ed Stone dari Caltech, seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (5/11/2019).

Tidak ada yang tahu berapa waktu yang dibutuhkan bagi pesawat tersebut untuk mencapai luar angkasa. Voyager 2 harus melewati plasma yang terionisasi, dan heliopause adalah tantangan terbesarnya.

“Kami terus mencari tahu ‘wilayah perbatasan’ tersebut di mana dua jenis angin menyatu, angin dari Tata Surya dan angin dari interstellar,” tutur Ed Stone.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X