Ikan Predator Paling Menyeramkan di AS Ternyata Berasal dari Indonesia

Kompas.com - 01/11/2019, 11:13 WIB
Snakehead (Channa argus) Snakehead (Channa argus)

KOMPAS.com -  Snakehead alias ikan berkepala ular belakangan sedang ramai dibicarakan warga AS karena sifatnya yang menyeramkan. Bagaimana tidak, ikan pemakan daging yang panjangnya bisa mencapai satu meter ini bisa hidup di dua alam.

Dilansir Mother Nature Network (23/10/2019), ikan ini dapat mengirup udara dan bertahan hidup di luar air selama beberapa hari.

Spesies ini bahkan dapat hidup lebih lama di lingkungan berlumpur dan lembab, serta bergerak dengan menggeliatkan tubuhnya di atas tanah.

Setelah ikan berkepala ular ini muncul di Central Park, New York City, media lokal menyoroti hewan ini sebagai topik utama. Namun, ikan ini tak hanya muncul di Central Park, tapi ditemukan di 14 negara bagian lain.

Baca juga: Serba-Serbi Hewan: Sama Seperti Mamalia, Ikan juga Merasakan Sakit

Karena kemunculannya yang meresahkan, pejabat satwa liar AS meminta agar snakehead segera dibunuh.

Lantas, seperti apa sebenarnya snakehead yang kabarnya berasal dari Indonesia?

Ciri ikan snakehead

Snakehead merupakan predator teratas yang akan melahap hewan air lainnya seperti ikan kecil, katak, udang karang, dan serangga air. Selain hewan air, snakehead juga menjadi ancaman untuk anak anjing.

Ikan besar ini memang bukan berasal dari Amerika Serikat. Spesies snakehead berasal dari China, Malaysia, dan Indoensia.

Tingkat reproduksi snakehead pun tergolong sangat cepat. Dalam satu tahun, ikan snakehead betina bisa beberapa kali bertelur dan melepaskan puluhan ribu telur.

Jadi pada dasarnya, ikan ini adalah ikan karnivora yang dapat berjalan, bertubuh besar, dapat hidup di luar air dengan waktu yang lama, tidak memiliki predator, dan memiliki tingkat reproduksi yang luar biasa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Mnn.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X