Halloween, Kenapa Sih Kita Takut pada Hantu? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kompas.com - 31/10/2019, 17:03 WIB
Hantu, ShutterstockHantu,

KOMPAS.com - Setiap tanggal 31 Oktober sejumlah negara merayakan Halloween. Perayaan ini untuk mengenang orang yang telah meninggal dunia, termasuk para kudus, martir, dan semua arwah umat beriman.

Dalam perayaan komersial ini, orang-orang biasanya mengenakan kostum menyeramkan mirip hantu, bermain Trick or treat, menonton film horor, dan sebagainya.

Makna dibalik kostum menyeramkan mirip hantu adalah agar roh jahat mengira manusia adalah teman, sehingga tidak mengganggu yang masih hidup.

Namun pertanyaan dasar yang mungkin pernah terlintas di pikiran kita adalah, kenapa manusia takut pada hantu?

Baca juga: Ketindihan dan Melihat Hantu Saat Tidur? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ketika berada seorang diri di rumah, entah bagaimana kita berpikir ada orang lain yang sedang mengamati kita. Kita pun langsung berprasangka bahwa itu ulah hantu.

Jika Anda juga mengalami hal semacam ini hingga sangat benci kalau ditinggal sendirian, Anda tidak sendiri.

Menurut Ricardo de Oliveira-Souza, seorang psikiater dari Institut Penelitian dan Pendidikan D'Or (IDOR) di Rio de Janeiro, ketakutan terhadap hantu sangat umum.

"Takut pada hantu mungkin sama seperti fobia pada umumnya, misalnya takut pada ketinggian atau serangga tertentu," ungkap Oliveira-Souza, dilansir Live Science, Kamis (31/10/2019).

Menurut Oliveira-Souza, rasa malu karena takut hantu justru menghalangi orang untuk berkonsultasi dengan profesional medis seperti dirinya.

Oliveira-Souza sendiri baru dapat menganalisis lebih jauh tentang rasa takut hantu setelah merawat seorang pasien yang depresi karena takut pada hantu hingga tak berani tidur sendirian.

Menurut Oliveira-Souza, apa yang dialami oleh pasiennya termasuk dalam fobia sendiri atau karena terlalu memikirkan film horor dan hal-hal supranatural lain.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X