Orangtua Harus Tahu, Katarak Juga Bisa Terjadi Pada Bayi dan Anak-anak

Kompas.com - 19/10/2019, 19:39 WIB
Ilustrasi ancaman gadget pada mata anak. SHUTTERSTOCK.com/SIRISAK_BAOKAEWIlustrasi ancaman gadget pada mata anak.

KOMPAS.com- Meskipun faktor risiko penyebab katarak ialah faktor usia, ternyata anak-anak dan bayi juga bisa mengalami kelainan mata katarak.

Katarak merupakan penyakit pada mata karena adanya perubahan lensa mata. Lensa mata yang sebelumnya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh.

Ketika seseorang memiliki katarak, penglihatannya menjadi tidak jelas. Ini karena lensa mata yang keruh membuat cahaya sulit mencapai retina dan akan menghasilkan bayangan yang kabur pada retina.

Nah, bagaimana jika katarak tersebut terjadi kepada anak-anak ataupun bayi?

Dijelaskan oleh Direktur JEC Pusat, Dr Setiyo Budi Riyanto dalam acara Bakti Katarak di JEC Cibubur, sebagian kecil kasus katarak menyerang anak-anak dan bayi baru lahir.

Baca juga: Kasus Katarak, Indonesia Tempati Peringkat Pertama di Asia Tenggara

“Interi dari masa kehamilan bisa menyebabkan katarak ini,” kata Budi di JEC Cibubur (12/10/2019).

Gangguan pada masa kehamilan, seperti pemakaian obat-obatan steroid dan gangguan gula atau kencing manis yang tidak terkontrol, bisa menjadi beberapa penyebab terjadinya katarak saat bayi atau usia anak.

Selain itu, hal lain yang bisa menyebabkan anak-anak mengalami katarak ialah faktor trauma.

“Trauma pun (pada) anak-anak juga bisa menjadi penyebab katarak dari anak-anak, seperti terluka saat bermain. Katarak traumatika namanya,” tuturnya.

Untungnya, katarak pada bayi dan anak-anak sangat mungkin untuk diperbaiki bila anak segera mendapat penanganan dari dokter ahli.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X