2 Gempa Besar Guncang Zona Megathrust Bengkulu, Begini Analisis BMKG

Kompas.com - 15/10/2019, 13:45 WIB
Gempa M 5,9 Guncang Bengkulu pada 05.23 WIB, Selasa (15/10/2019). Gempa M 5,9 Guncang Bengkulu pada 05.23 WIB, Selasa (15/10/2019).

KOMPAS.com - Hari ini (15/10/2019), dua gempa signifikan terjadi di zona megathrust Bengkulu.

Gempa pertama terjadi pukul 05.23 WIB dengan magnitudo M 5,9 dengan episenter di laut pada jarak 154 km arah baratdaya Bengkulu.

Gempa kedua terjadi pukul 10.00 WIB dengan magnitudo M 5,0 dengan episenter juga di laut terletak pada jarak 152 km arah baratdaya Bengkulu.

Gempa kedua ini merupakan gempa susulan signifikan pusatnya agak bergeser ke sebelah utara dari pusat gempa pertama.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M5,9 Guncang Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkap, kedua gempa berkedalaman dangkal di zona megathrust, yaitu zona subduksi landai yang merupakan bidang kontak antara Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

Titik hiposenter kedua gempa berada di bawah punggungan busur luar (outer arc ridge) dari sistem subduksi Sumatra.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa ini memiliki mekanisme sumber pergerakan naik (thrust fault) yang merupakan ciri mekanisme gempa megathrust.

Guncangan gempa yang pertama dirasakan cukup kuat dalam skala intensitas III-IV MMI di Seluma, dan di Kepahiang III MMI.

Beberapa warga Bengkulu hingga Seluma sempat berlarian ke luar rumah akibat terkejut guncangan kuat yang terjadi secara tiba-tiba.

"Patut disyukuri hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono kepada Kompas.com, Selasa (15/10/2019).

Dia melanjutkan, setiap peningkatan aktivitas gempa di wilayah tersebut patut diwaspadai.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X