Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M5,9 Guncang Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 15/10/2019, 08:22 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Hari Selasa (15 Oktober 2019) pukul 05.23.53 WIB, gempa bermagnitudo 5,9 mengguncang wilayah Pantai Barat Sumatera.

Dipaparkan oleh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa episenter gempa bumi berlokasi di laut pada jarak 154 kilometer arah barat daya Kota Bengkulu, Bengkulu dengan kedalaman 36 kilometer.

Gempa bumi berjenis gempa bumi dangkal dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Penyebabnya adalah aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

Baca juga: Frekuansi Gempa September Meningkat Tajam, BMKG Catat 924 Guncangan

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tulis Rahmat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (15/10/2019).

Getaran gempa ini terasa di daerah Bengkulu dan Seluma pada tingkat III-IV MMI atau bila terjadi pada siang hari akan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, serta di Kepahiang dengan tingkat III MMI atau terasa di dalam rumah seakan ada truk yang berlalu.

Namun, belum ada dampak kerusakan yang dilaporkan akibat gempa ini.

Usai gempa awal, BMKG mencatat adanya dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo 4,8 hingga pukul 06.15 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com