Gempa Hari Ini: M5,9 Guncang Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 15/10/2019, 08:22 WIB
Ilustrasi gempa ShutterstockIlustrasi gempa

KOMPAS.com - Hari Selasa (15 Oktober 2019) pukul 05.23.53 WIB, gempa bermagnitudo 5,9 mengguncang wilayah Pantai Barat Sumatera.

Dipaparkan oleh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa episenter gempa bumi berlokasi di laut pada jarak 154 kilometer arah barat daya Kota Bengkulu, Bengkulu dengan kedalaman 36 kilometer.

Gempa bumi berjenis gempa bumi dangkal dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Penyebabnya adalah aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

Baca juga: Frekuansi Gempa September Meningkat Tajam, BMKG Catat 924 Guncangan

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tulis Rahmat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (15/10/2019).

Getaran gempa ini terasa di daerah Bengkulu dan Seluma pada tingkat III-IV MMI atau bila terjadi pada siang hari akan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, serta di Kepahiang dengan tingkat III MMI atau terasa di dalam rumah seakan ada truk yang berlalu.

Namun, belum ada dampak kerusakan yang dilaporkan akibat gempa ini.

Usai gempa awal, BMKG mencatat adanya dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo 4,8 hingga pukul 06.15 WIB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X