Halo Prof! Apa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan?

Kompas.com - 15/10/2019, 07:04 WIB
dr. Yun Istatik
Dokter Umum
RS Pondok Indah ? Pondok Indah RS Pondok Indahdr. Yun Istatik Dokter Umum RS Pondok Indah ? Pondok Indah

KOMPAS.com - Sakit perut merupakan gejala yang paling sering kita alami. Tergantung letaknya, penyebabnya pun bisa beragam.

Seorang pembaca Kompas.com yang bernama Fitri telah beberapa kali mengalami sakit perut di sebelah kanan. Dia pun menanyakannya ke subrubrik Halo Prof!:

"Sakit perut sebelah kanan, sakitnya sampe pinggang dan pinggul, kadang-kadang terasa
panas ketika bangun tidur dan pinggang terasa sakit. Apa penyebabnya ya, Prof?"

Pertanyaan Fitri dijawab langsung oleh dr. Yun Istatik, Dokter Umum di RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Baca juga: Halo Prof! Apa Saja Gejala Penyakit Maag?

Halo Ibu Fitri, terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri perut dapat Anda rasakan di berbagai bagian perut, seperti bagian kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah maupun di bagian tengah. Berbeda letak nyerinya, maka berbeda pula penyebabnya, sesuai dengan lokasi organ di dalam perut.

Perlu diperhatikan bahwa ada banyak struktur di daerah perut kanan bawah di mana rasa nyeri dapat berasal dari organ-organ atau struktur di daerah tersebut. Struktur internal di daerah ini termasuk bagian dari usus besar; yang disebut sekum, usus buntu, dan kolon asenden (usus besar), bagian dari usus kecil ovarium kanan dan tuba falopi, ginjal kanan dan ureter kanan.

Kelainan atau gangguan dari salah satu atau beberapa struktur ini dapat menyebabkan rasa sakit perut sebelah kanan bawah.

1. Radang usus buntu

Apendisitis atau radang usus buntu merupakan penyebab paling umum dari nyeri perut sebelah kanan bawah. Usus buntu merupakan organ perpanjangan dari usus besar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X