Halo Prof! Benarkah Sering Ejakulasi Bisa Cegah Penyakit Prostat?

Kompas.com - 11/09/2019, 17:05 WIB
dr. Doddy Hami Seno, Sp. U
Dokter Spesialis Bedah Urologi
RS Pondok Indah ? Pondok Indah dan RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya RS Pondok Indahdr. Doddy Hami Seno, Sp. U Dokter Spesialis Bedah Urologi RS Pondok Indah ? Pondok Indah dan RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

KOMPAS.com - Bagi pria, kesehatan prostat sangat penting untuk dijaga. Tidak terkecuali salah satu pembaca Kompas.com yang bernama Richard. Dia mengirimkan pertanyaan ke rubrik Halo Prof! mengenai kaitan ejakulasi dan kesehatan prostat:

"Benarkah sering ejakulasi dapat menghindarkan penyakit prostat pada laki-laki?"

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Doddy Hami Seno, Sp. U, Dokter Spesialis Bedah Urologi
RS Pondok Indah – Pondok Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Halo Pak Richard, terima kasih atas pertanyaannya.

Terdapat beberapa penyakit yang berhubungan dengan prostat yaitu:

  • Benign prostate hyperplasia (BPH), adalah kelainan jinak dari prostat yang mengakibatkan berbagai tingkat obstruksi saluran kemih. Walau tidak diketahui secara jelas mekanisme pembesarannya, diduga berhubungan dengan gangguan hormon seiring bertambahnya usia. Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko terkena BPH, selain dari penuaan, yaitu obesitas, kurang olah raga, dan konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Prostatitis
  • Kanker prostat

Baca juga: Halo Prof! Sudah Minum Obat GERD, Kok Mual Tidak Hilang-hilang?

Terdapat beberapa mitos dalam ilmu kedokteran, seperti seringnya ejakulasi dapat menghindari penyakit prostat pada laki-laki. Beberapa tahun terakhir terbit sejumlah publikasi yang menyatakan bahwa ejakulasi lebih sering dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Sementara klaim ini mungkin terdengar seperti berita yang sensasional namun hal tersebut dapat didukung oleh beberapa bukti ilmiah.

Menurut salah satu studi European Eurology 2016, pria yang lebih sering ejakulasi mempunyai angka kemungkinan lebih kecil terkena kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang jarang ejakulasi.

Studi tersebut adalah kelanjutan dari studi yang dilakukan pada tahun 2004, dengan kesimpulan yang sama. Kedua studi menemukan bahwa risiko kanker prostat dapat berkurang untuk pria yang berejakulasi 21 kali atau lebih dalam sebulan dibandingkan dengan pria yang hanya ejakulasi 4-7 kali per bulan.

Sementara studi-studi lain menemukan bukti yang saling bertentangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X