Halo Prof! Apa Saja Gejala Penyakit Maag?

Kompas.com - 18/09/2019, 08:05 WIB
dr. Muliadi Limanjaya
Dokter Umum
RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya RS Pondok Indah dr. Muliadi Limanjaya Dokter Umum RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

KOMPAS.com - Penyakit maag sering dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia. Tak terkecuali Suyatmi Wijaya yang mengirimkan pertanyaannya ke Halo Prof! Kompas.com:

"Halo Dok, selamat sore. Saya mau tanya soal keadaan perut saya, secara tiba-tiba perut terasa panas, dan timbul rasa mual, ingin muntah. Saya takut terindikasi maag akut. Gejala maag itu apa saja ya?"

Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh dr. Muliadi Limanjaya, Dokter Umum di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Halo Ibu Suyatmi,

Sebelum kita membahas mengenai gejala penyakit maag, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan penyakit maag.

Baca juga: Halo Prof! Benarkah Sering Ejakulasi Bisa Cegah Penyakit Prostat?

Penyakit maag sendiri sebenarnya adalah suatu istilah yang dalam ilmu kedokteran kita sebut sebagai sindroma dispepsia. Disebut sindroma karena merupakan kumpulan berbagai gejala yang saling berkaitan, berhubungan dengan masalah pada saluran cerna seperti nyeri ulu hati, kembung, begah, atau mual dan muntah.

Sindroma dispepsia sendiri dapat dibagi dua berdasarkan penyebabnya, yaitu fungsional dan organik.

Dispepsia fungsional sangat berhubungan dengan faktor psikologis, kecemasan, atau stres. Sedangkan dispepsia organik berhubungan dengan adanya gangguan fisik di dalam tubuh, seperti adanya peradangan pada selaput lambung, atau yang lebih parah adanya luka pada lambung.

Sementara itu, dari gejala yang dialami, dispepsia dapat dibagi menjadi dua, yaitu tipe dismotilitas, di mana gejala yang paling sering dialami adalah perut kembung, begah, mual, dan sering sendawa; atau tipe ulseratif, di mana penderita akan sangat sering merasa perut terasa perih, panas, ataupun melilit.

Kadang ada yang mengalami keduanya dan kita sebut sebagai dispepsia dengan tipe campuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X