Kasus Rifat Umar, Kenali Karakteristik dan Zat Adiktif pada Ganja

Kompas.com - 04/10/2019, 17:33 WIB
Ilustrasi ganja. ThinkstockphotosIlustrasi ganja.

KOMPAS.com - Artis Rifat Umar (26) ditangkap polisi pada Rabu (2/10/2019) dini hari. Usai melakukan tes urine, diketahui Rifat menggunakan narkoba jenis ganja dan sabu.

Ganja menjadi salah satu dari jenis narkoba yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Seperti apa karakteristik dan kandungan zat adiktif dalam ganja, sehingga masyarakat sulit untuk lepas dari belenggu tanaman ini?

Kompas.com menghubungi salah satu peneliti di Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta, dr Hari Nugroho, MSc untuk menjelaskannya.

Karakteristik ganja

dr Hari menjelaskan, ganja memiliki karakter utama dalam efek kandungan yang dimilikinya. Dua efek utama tersebut yaitu depresan dan halusinogen.

Depresan ialah kandungan zat atau jenis obat yang berfungsi mengurangi aktivitas fungsional tubuh.

Sementara halusinogen menjadi sebuah zat atau obat yang menimbulkan efek halusinasi yang bersifat merubah perasaan dan pikiran.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Ganja, dari Obat Anestesi sampai Simbol Budaya Hippie

"Makanya orang (yang) pakai itu (ganja) cenderung lebih santai. Ada yang tertawa atau ada distorsi ketika dia melihat sesuatu atau juga bisa jadi berhalusinasi karena ada kandungan halusinogen tadi," kata dr Hari, Jumat (4/10/2019).

Kandungan zat adiktif

dr Hari mengatakan sifat adiktif narkoba lebih rendah jika dibandingkan dengan heroin, sabu, ataupun putaw.

Namun, ganja juga memiliki ratusan zat psikoaktif dan Tetrahidrokanabinol (THC). Ini adalah senyawa yang paling aktif pada ganja. Senyawa THC juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penggunanya.

"Nah THC dalam ganja inilah yang bikin (penggunanya) nge-fly, yang bikin orang halusinasi, itu juga yang bikin orang lepas kendali sesaat," ujar dr Hari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X