Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2019, 17:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa di antara Anda yang sudah atau menanti untuk menonton tingkah lucu dari personil film Warkop DKI Reborn 3?

Mungkin ada di antara Anda yang mau menonton karena menyukai salah satu pemainnya, namun banyak juga yang ingin menonton karena membutuhkan hiburan yang membuat Anda dapat tertawa bahagia dan menghilangkan stres yang sedang dialami.

Ternyata, tertawa dari berbagai penelitian memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti yang dilansir dari mentalfloss.com, (27/3/2019), setidaknya ada 10 manfaat kesehatan yang akan dirasakan jika tertawa karena humor atau menonton komedi.

Baca juga: Bukan Mitos, Tertawa Terlalu Kencang Bisa Picu Serangan Asma

1. Mengurangi tekanan darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu efek samping yang paling berbahaya dari stres, bahkan faktor risiko yang bisa timbul akan berpengaruh kepada penyakit jantung dan stroke.

Bila sulit tertawa di saat stres, Anda bisa mengikuti kelas ataupun terapi tertawa. Menurut penelitian, pada terapi tertawa yang dimaksudkan untuk merangsang seseorang tertawa dari sesi pelatihan yang menyenangkan dan pelatihan pernapasan.

Beberapa penelitian menunjukkan adanya pengurangan tekanan darah setelah tertawa. Seperti penelitian pada tahun 2017 di Journal of Dental and Medical Research, dari 40 pasien yang menjalani hemodialisis atau dalam tindakan medis yaitu sebuah proses pembersihan darah dari zat-zat sampah, melalui proses penyaringan di luar tubuh.

Partisipan tersebut kemudian dibiarkan mendengarkan CD dari pertunjukkan komik, dengan 16 sesi dan 30 menit selama delapan sesi per minggu, hasilnya terjadi penurunan tekanan darah pada mereka.

Bahkan pada tahun 2011, para peneliti mempresentasikan hasil penelitian selama tiga bulan di Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika. Para peneliti mengekspos, mereka meneliti 79 peserta untuk mengikuti terapi musik atau tawa.

Terapi tawa tersebut dilakukan melalui kontak mata yang menyenangkan dan juga latihan pernapasan. Selama minimal tiga bulan pelatihan tersebut, tekanan darah Anda akan mengalami penurunan paling tidak 5-7 mmHg. dibandingkan dengan terapi musik yang hanya menurunkan tekanan darah 6 mmHg.

2. Mengurangi kecemasan

Dalam sebuah penelitian tahun 1990 dalam Psychological reports, mencari tahu efek dari tertawa karena sesuatu yang lucu pada saat mengalami kecemasan oleh sebuah ancaman.

Penelitian dilakukan kepada 53 mahasiswa dengan membagi kedalam tiga kelompok. Dengan ketegangan yang sama, kelompok pertama dibiarkan mendengarkan rekaman humor lucu, kelompok kedua dibiarkan mendengarkan rekaman non-humor, sementara kelompok ketiga tidak dibiarkan mendengarkan rekaman apapun.

Hasilnya, kelompok pertama yang mendengarkan humor lucu, tingkat kecemasan yang dirasakan menurun selama periode penelitian berlangsung.

Itulah menurut para peneliti, mereka yang memiliki tingkat rasa humor tertinggi, memiliki kecemasan terendah.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com