Viral Penipuan Ojek Online Berkedok Istri Sakit, Cukup Dengarkan Saja

Kompas.com - 15/09/2019, 10:00 WIB
Ojek online menggunakna GPS pada ponsel saat berkendara mengantar dan menjemput penumpang. Ojek online menggunakna GPS pada ponsel saat berkendara mengantar dan menjemput penumpang.

KOMPAS.com - Sudah banyak kasus penipuan berkedok butuh biaya untuk pengobatan keluarga yang kita dengar. Bukan cuma sekali dua kali, tapi hal seperti ini cukup sering terjadi, bahkan sudah ada sejak lama.

Kasus terbaru datang dari driver ojek online gojek bernama Hamdan. Kisah perjuangan hidup Hamdan viral di jagat media sosial dalam dua atau tiga hari belakangan.

Pengguna akun Twitter bernama @kirekswasta adalah yang pertama membuat utas tentang Hamdan.

Singkat cerita, Hamdan mengaku rela tidak pulang demi mendapat dana tambahan untuk biaya pengobatan istrinya. Selama Hamdan bercerita dalam perjalanan ojol, dia selalu menangis sampai terisak-isak.

Baca juga: Profesor Harvard Buktikan Kebahagiaan Bisa Dibeli dengan Uang

Setelah utas @kirekswasta viral, beberapa akun lain mengaku pernah mendapat driver Hamdan dan mengalami pengalaman serupa.

Usai perjalanan, Hamdan tak segan mengirim pesan whatsapp ke pelanggan dan memberi nomor rekening.

"Barusan @gojekindonesia infoin by phone, si Hamdan udah kedapet dan akan diproses. Dan dia ngaku kalo emang nipu, istri sakit dll itu cuma modus saja. Thanks ya @yukeeofn," tulis pemilik akun @kirekswasta yang pertama kali membagikan kisah Hamdan.

Berkaca dari kisah Hamdan, kenapa orang bisa melakukan penipuan berulang kali dan apa yang menyebabkan kita terperdaya kisah sedih mereka?

Dari kacamata psikolog sosial asal Solo, Hening Widyastuti, kemungkinan besar awalnya Hamdan mendaftar bergabung sebagai driver ojol memang untuk mencari nafkah.

Untuk perusahaan-perusahaan transportasi online, pendaftaran biasanya sangat dimudahkan, salah satunya tanpa tes rumit seperti tes psikologi layaknya perusahaan lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X