Tahukah Anda, Penuaan Kulit Terjadi Mulai Usia 20 Tahun

Kompas.com - 12/09/2019, 17:08 WIB
Ilustrasi Penuaan Dini LuckyBusinessIlustrasi Penuaan Dini

KOMPAS.com - Bertambah usia, bertambah pula proses penuaan pada seseorang. Apakah Anda mengetahui golden age atau masa emas terjadinya penuaan terutama pada kulit Anda?

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr Susie Rendra SpKK menjelaskan bahwa usia normal perubahan penuaan sebenar-benarnya terjadi sejak memasuki 20 tahun.

"Usia 20 tahun itu bahkan sudah mulai menua, hanya saja tidak tampak secara jelas di permukaan kulit," kata Susie.

Ia menjelaskan penuaan terjadi secara perlahan. Ketika memasuki usia 30 tahun ke atas, diakui Susie bahwa pada masa inilah baru kelihatan tanda-tanda penuaan. Maka dari itulah pada umumnya masyarakat mengatakan penuaan itu terjadi pada usia di atas 30 tahun.

"Tiga puluh tahun ke atas, barulah kelihatan tanda-tanda penuaan. Itu karena sebenarnya penuaan itu tidak hanya terjadi di sel kulit, sel-sel lain di tubuh juga mengalami penuaan. Tetapi ketika usia segitu, mulailah tampak kerutan atau kelainan kulit lainnya," ujar Susie di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Penuaan juga terjadi pada semua sel di dalam tubuh. Sel otot misalnya, mulai lemah saat usia bertambah dan penuaan terjadi. Kemudian sel otak dikatakan Susie akan mengalami mudah lupa bahkan demensia.

Contoh lainnya selain kulit yaitu sel jantung, yang bisa ditandai dengan mudah lelah dan terengah-engah saat berlari atau melakukan perjalanan.

Baca juga: Mengenal Konsep Penuaan yang Berkualitas dan Cara Mencapainya

Hanya saja tanda penuaan yang diketahui masyarakat ialah ketika kulit sudah mengalami perubahan, seperti kerutan, kering, dan lainnya.

"Itulah banyak yang mikir tua itu selain 30 tahun-an, biasanya usia-50 tahun an. Padahal itu karena yang mereka lihat kulit yang kelihatan dari luar saja. Tapi memang pada usia 50 tahun ke atas, tanda-tanda penuaan sudah sangat jelas bahkan di kulit," tutur Susie.

Lebih lanjut, Susie mengatakan penuaan yang tampak jelas di kulit bisa menganggu kita. 

"Penuaan itu adalah proses yang pasti kita alami semua. Hanya saja, bagaimana mengantisipasi ataupun mencegah penuaan yang tampak di kulit itu secara jelas butuh usaha sejak dini," imbuhnya.

Karena hal itulah, Susie menilai antisipasi penuaan sejak usia 20 tahun diperbolehkan. Hanya saja tidak menggunakan bahan kimia atau anti-aging yang berlebihan. Ia memberi saran, menggunakan sunscreen dan moisturizer bisa jadi cara yang baik.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X