9 Fakta tentang Tangan Kidal, Tubuh Atletis hingga Kecenderungan Gay

Kompas.com - 07/09/2019, 17:04 WIB
Ilustrasi kidal everydayplusIlustrasi kidal

KOMPAS.com - Pengguna tangan kidal menjadi umum di masyarakat. Tak jarang mereka yang bertangan kidal begitu ahli dalam suatu bidang.

Dilansir dari mnn.com, Kamis (5/9/2019), sekitar 10 persen dari populasi manusia di dunia adalah kidal. Orang-orang kidal selalu menjadi teka-teki bagi para peneliti.

Meski begitu, para ilmuwan menemukan beberapa karakteristik orang bertangan kidal. Karakteristik ini berbeda dengan mayoritas manusia lainnya yang menggunakan tangan kanan.

1. Tubuh atletis

Mungkin Anda sering menonton pertandingan olahraga yang menggunakan tangan, termasuk bulutangkis, dengan atlet bertangan kidal sebagai pemain utama.

Menurut sebuah penelitian dari Northwestern University, orang kidal adalah hasil dari keseimbangan antara kerjasama dan kompetisi dalam evolusi manusia.

Ilmuwan Northwestern juga membangun model matematika yang dapat memprediksi secara akurat persentase orang kidal dalam suatu kelompok - manusia, burung beo, pemain baseball, atlet golf - berdasarkan tingkat kerjasama dan kompetisi dalam interaksi sosial.

Mereka mengklaim model yang mereka gunakan tersebut secara akurat memprediksi jumlah atlet kidal dalam baseball, tinju, hoki, anggar, dan tenis meja - di mana cakar kuda bernomor jauh di atas 10 persen (dan hingga 50 persen untuk pemain baseball).

2. Cenderung berwajah ramping

Menurut sebuah penelitian, 25 persen dari orang-orang dengan wajah yang lebih rendah dan ramping cenderung kidal. Orang-orang yang memiliki rahang ramping juga lebih rentan terhadap tuberkulosis.

3. Pandai matematika

Pernahkah memperhatikan orang kidal di sekitar Anda yang cepat paham dengan aritmatika?  Sebuah studi menemukan "korelasi moderat, namun signifikan" antara keduanya.

Penelitian dilakukan terhadap 2.300 siswa di Italia antara usia 6-17 tahun yang diminta menyelesaikan tugas matematika sederhana dan pemecahan masalah. Hasilnya, skor matematika yang diperoleh oleh orang kidal mencapai 5 persen hingga 10 persen lebih tinggi.

Sumber Mnn.com