Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kidal Tidaknya Seseorang Ditentukan Sejak dalam Kandungan, Kok Bisa?

Kompas.com - 25/05/2019, 18:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kebanyakan manusia menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas, tapi ada juga yang menggunakan tangan kiri alias kidal. Mengapa hal itu bisa terjadi? Apakah orang kidal memang terlahir kidal atau mereka hanya terbiasa menggunakan tangan kiri sejak kecil?

Pertanyaan sederhana ini sebenarnya sudah lama membuat para ilmuwan penasaran.

Dalam studi terbaru yang terbit di jurnal eLife, para ahli menemukan bahwa kidal tidak ada hubungannya dengan aktivitas otak atau perkembangan neurologis manusia.

Menurut tim peneliti gabungan dari Jerman, Belanda, dan Afrika Selatan, kebiasaan menggunakan tangan kanan atau tangan kiri terbentuk sejak dalam kandungan dan hal ini dipengaruhi oleh aktivitas gen pada tulang belakang, bukan otak.

Baca juga: Ini Penjelasan Kenapa Kita Bisa Kidal

Penelitian yang dipimpin ahli biofisika di Ruhr University Bochum mendapat kesimpulan itu setelah memonitor ekspresi gen pada tulang belakang janin yang berusia delapan sampai 12 minggu.

Merujuk IFL Science, Senin (20/5/2019), temuan ini sekaligus membantah teori sebelumnya yang mengklaim bahwa aktivitas gen di otak selama kehamilan akan menentukan apakah seseorang akan kidal atau tidak.

Sebaliknya, tim menemukan bahwa kidal tidaknya seseorang berpusat pada bagian tulang belakang yang bertanggung jawab untuk mengirim impuls listrik ke tangan, lengan, dan kaki. Hal inilah yang menentukan apakah seseorang kidal atau tidak.

Selain itu, tim menemukan bahwa kidal atau tidak, tak ada hubungannya dengan mutasi genetik atau sesuatu yang diwariskan. Namun hal ini dipengaruhi oleh faktor eksternal, termasuk saat bayi tumbuh di dalam rahim.

Meski belum jelas tentang faktor lingkungan atau eksternal ini, ada kemungkinan bahwa mereka mengubah cara enzim bekerja saat bayi masih di dalam kandungan dan pada gilirannya mengubah gen mengekspresikan diri.

Hal ini mempengaruhi asimetri aktivitas gen yang ada dalam tulang belakang dan membuat kidal.

Baca juga: Benarkah Orang Kidal Cenderung Ateis?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com