Mutasi Genetik Langka Sebabkan Ada Orang Tidur Hanya 4 Jam

Kompas.com - 05/09/2019, 07:05 WIB
Ilustrasi tidur RidofranzIlustrasi tidur

KOMPAS.com – Donald Trump, Richard Branson, dan Angela Merkel hanya tidur empat jam pada malam hari. Penelitian baru-baru ini membuktikan, sebagian orang tidak perlu beristirahat delapan jam layaknya yang dianjurkan dokter.

Para ilmuwan menemuka bahwa hal ini disebabkan oleh mutasi genetik langka, tepatnya gen ADRB1, yang sejauh ini ditemukan pada lebih dari 50 keluarga. Mereka yang memiliki keturunan gen ADRB1 ini tidak membutuhkan tidur malam yang lama. Tepatnya, sekitar dua jam lebih sedikit dibanding kebanyakan manusia di dunia.

Tak hanya itu, orang-orang dengan gen ADRB1 juga lebih optimis. Mereka juga memiliki kemampuan multitasking yang tinggi, tidak mengenal jet lag, bahkan dinilai memiliki usia yang lebih panjang.

“Penelitian ini memungkinkan kita untuk membedah kompleksitas sirkuit di otak, dan berbagai jenis neuron yang berkontribusi pada momen tidur dan terjaga,” tutur Louis Ptacek, ahli saraf dari University Of California, San Francisco (UCSF) seperti dikutip dari The Independent, Rabu (4/9/2019).