Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Sehat, Tidur dengan Bantal atau Tidak? Begini Kata Ahli

Kompas.com - 19/06/2019, 10:24 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber


KOMPAS.com - Setiap orang memiliki selera berbeda, termasuk ketika tidur. Ada yang suka pakai bantal saat tidur, ada jugayang  tidak.

Dari sisi medis, mana yang sebenarnya lebih sehat untuk tubuh?

Bantal menjadi teman setia untuk menemani tidur. Bantal disebut dapat membuat tidur menjadi lebih nyaman. Namun, tidak semua orang suka tidur menggunakan bantal.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Sering Pakai Topi Bikin Rambut Rontok dan Botak?

Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Physiotherapy Canada mengamati efek tidur dengan bantal dan tidak. Sebanyak 1.600 partisipan diminta untuk tidur dengan 5 bantal dan tidak dengan bantal sama sekali.

Hasilnya menunjukkan, hampir 50 persen lebih partisipanmemilih tidur tanpa bantal. Alasannya, karena pilihan dan kualitas bantal yang buruk tidak memberikan kenyamanan saat tidur.

Akibatnya mereka memilih tidak pakai bantal sama sekali untuk tidur.

Jika bantal yang digunakan tidak nyaman, tidur akan terganggu. Beberapa efek yang dirasakan lelah dan mengantuk keesokan harinya.

Tak hanya itu, kualitas tidur yang buruk bahkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti mudah stres, kecelakaan kerja, dan penyakit jantung.

Lantas, kenapa ada juga yang suka tidur dengan bantal?

Sejarah mencatat bahwa orang Mesir kuno sudah menggunakan bantal dari batu untuk mencegah masuknya serangga ke telinga. Sementara, zaman dinasti China, bangsawan menggunakan bantal dari kayu untuk menjaga rambutnya tetap rapi.

Lantas, bagaimana dengan sekarang?

Berdasarkan studi yang sama, orang yang suka tidur dengan bantal adalah mereka yang sudah terbiasa tidur dengan bantal. Jadi, mereka tetap memilih tidur pakai bantal dibanding tidak sama sekali.

Jadi, mana yang lebih baik?

Sehat atau tidak, tidur pakai bantal sebenarnya bergantung pada kenyamanan Anda. Jika menggunakan bantal dapat mendukung kualitas tidur Anda, tidak masalah tidur dengan tambahan bantal.

Sementara, jika penggunaan bantal menganggu kualitas tidur, tak perlu memaksakan untuk tidur dengan bantal. Temukan posisi senyaman mungkin agar Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com