Serba-serbi Kolesterol, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 04/09/2019, 07:07 WIB
Ilustrasi pengukuran kolesterol designer491Ilustrasi pengukuran kolesterol

KOMPAS.com - Kolesterol sering disalahartikan sebagai penyakit tekanan darah tinggi. Padahal kolesterol dan tekanan darah tinggi adalah dua hal berbeda.

Kolesterol adalah sejenis lemak yang terdapat dalam aliran darah dan di seluruh sel tubuh. Kolesterol berperan penting dalam tubuh karena bermanfaat dalam pembentukan selaput sel, beberapa hormon tertentu, dan jaringan lainnya yang diperlukan.

Namun, kadar kolesterol darah yang buruk merupakan faktor utama penyakit jantung koroner, yang bisa mengarah pada serangan jantung.

Baca juga: 5 Mitos Soal Kolesterol yang Bikin Salah Paham, Jangan Keliru Lagi

Dikutip dari buku "Mayo Clinic: Family Health Book" terbitan Intisari, kolesterol berasal dari dua sumber. Pertama adalah diproduksi secara alamiah dari dalam tubuh, terutama dalam hati. Kedua adalah makanan-makanan hewani seperti daging ikan, ayam, sapi, produk susu, dan hasil laut. Ikan mengandung kolesterol lebih sedikit daripada daging hewan lain.

Jenis lemak darah (lipid)

Ada tiga jenis lipid yang tedapat dalam tubuh kita:

1. Low-density Lipoprotein (LDL)

Kolesterol Low-density Lipoprotein (LDL) merupakan pembawa kolesterol terbesar dalam darah. LDL mengangkut kolesterol ke tempat-tempat di seluruh tubuh baik untuk ditimbun maupun untuk memperbaiki membran sel.

Namun, kolesterol ini disebut kolesterol “jahat” karena dapat menimbulkan timbunan tebal (plak) yang menyumbat arteri sehingga memicu penyakit jantung koroner.

2. High-density lipoprotein (HDL)

Kolesterol High-density Lipoprotein (HDL) ibarat pemulung atau kolesterol pembersih. HDL membantu menurunkan jumlah kolesterol LDL dalam darah. Kolesterol jenis ini bisa Anda dapatkan dengan berolahraga rutin dan latihan kardiovaskular untuk hasil yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X