Sains Diet: Jika Ingin Turunkan Berat Badan, Lebih Baik Sarapan Tidak?

Kompas.com - 29/08/2019, 09:38 WIB
Ilustrasi sarapan. ShutterstockIlustrasi sarapan.

KOMPAS.com - Sarapan sering disebut-sebut sebagai kunci penting untuk memulai hari. Ini karena dengan sarapan, Anda memberikan sejumlah energi dan zat gizi pada tubuh untuk beraktivitas di pagi hari.

Namun, bagi mereka yang sedang berencana untuk menurunkan berat badan, sarapan justru dihindari karena ditakutkan dapat membuat gemuk.

Lantas, seharusnya sarapan atau tidak kalau mau menurunkan berat badan?

Baca juga: Sains Diet, Usia Berpengaruh pada Naik Turunnya Berat Badan

Studi buktikan terbiasa sarapan bisa turunkan berat badan

Mungkin Anda sempat mendengar pendapat yang bilang bahwa sarapan bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Sebaliknya, melewatkan makan pagi ini justru dapat mengakibatkan peningkatan berat badan.

Nyatanya, melansir dari laman British Dietetic Association, sarapan merupakan salah satu bagian dari pola makan seimbang.

Berat badan seseorang yang rutin sarapan biasanya lebih terjaga dan tidak mudah naik, ketimbang yang suka melewatkan sarapan.

Bahkan, sarapan juga diyakini dapat membantu menurunkan risiko penyakit, seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Namun, pendapat sebaliknya dikemukakan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal BMJ.

Penelitian tersebut menyebutkan tidak ada bukti kuat untuk mendukung pendapat kalau sarapan bisa membantu menurunkan berat badan.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Inggris ini menemukan bahwa orang yang sarapan cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori ketimbang yang tidak.

Secara rata-rata, orang yang sarapan mengonsumsi sekitar 260 kalori lebih banyak dalam sehari dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X