BMKG: Siklon Tropis di Timur Filipina Picu Hujan Lebat di Indonesia

Kompas.com - 22/08/2019, 15:02 WIB
ilustrasi hujan lebat Wavebreakmedia Ltdilustrasi hujan lebat

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya potensi hujan lebat yang akan terjadi dalam tiga hari kedepan (22 sampai 24 Agustus 2019) di sejumlah wilayah Indonesia.

Potensi hujan lebat disebabkan oleh Siklon Tropis BAILU 994 mb di Samudera Pasifik Timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum 40 kt bergerak ke arah Barat Laut.

Daerah belokan angin terdapat di Sumatera bagian utara, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Baca juga: Siklon Tropis Lili Tumbuh di Laut Banda, Timur Indonesia Harap Waspada

Lewat keterangan resmi BMKG, beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat pada hari ini (22/8/2019) yaitu Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Selanjutnya untuk Jumat (23/8/2019), wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, dan Papua masih berpotensi hujan lebat.

Sementara untuk Sabtu (24/8/2019) wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Papua, dan Jambi masih berpotensi hujan lebat.

Potensi hujan lebat dan angin kencang

BMKG juga mengatakan, beberapa wilayah Indonesia berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (22/8/2019) hingga Jumat (23/8/2019).

Daerah yang perlu waspada terhadap hujan lebat dan angin kencang adalah Jawa Barat dan Kalimantan Barat.

"Sementara untuk Sabtu (24/8/2019), wilayah yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir hanya Kalimantan Barat," tulis BMKG.

Baca juga: Penggembala dan 19 Kerbau Tewas Tersambar Petir, Seberapa Sering Halilintar Menyambar?

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X