Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Siklon Tropis di Timur Filipina Picu Hujan Lebat di Indonesia

Kompas.com - 22/08/2019, 15:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya potensi hujan lebat yang akan terjadi dalam tiga hari kedepan (22 sampai 24 Agustus 2019) di sejumlah wilayah Indonesia.

Potensi hujan lebat disebabkan oleh Siklon Tropis BAILU 994 mb di Samudera Pasifik Timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum 40 kt bergerak ke arah Barat Laut.

Daerah belokan angin terdapat di Sumatera bagian utara, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Baca juga: Siklon Tropis Lili Tumbuh di Laut Banda, Timur Indonesia Harap Waspada

Lewat keterangan resmi BMKG, beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat pada hari ini (22/8/2019) yaitu Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Selanjutnya untuk Jumat (23/8/2019), wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, dan Papua masih berpotensi hujan lebat.

Sementara untuk Sabtu (24/8/2019) wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Papua, dan Jambi masih berpotensi hujan lebat.

Potensi hujan lebat dan angin kencang

BMKG juga mengatakan, beberapa wilayah Indonesia berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (22/8/2019) hingga Jumat (23/8/2019).

Daerah yang perlu waspada terhadap hujan lebat dan angin kencang adalah Jawa Barat dan Kalimantan Barat.

"Sementara untuk Sabtu (24/8/2019), wilayah yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir hanya Kalimantan Barat," tulis BMKG.

Baca juga: Penggembala dan 19 Kerbau Tewas Tersambar Petir, Seberapa Sering Halilintar Menyambar?

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com