Ahli Beberkan 3 Sebab Produksi ASI Sedikit dan Cara Meningkatkannya

Kompas.com - 03/08/2019, 20:35 WIB
Ilustrasi ASIShutterstock.com Ilustrasi ASI

KOMPAS.com - Bayi membutuhkan ASI sejak dia lahir hingga minimal enam bulan. Namun, tidak sedikit ibu yang gagal memberikan ASI hingga enam bulan karena produksi ASI-nya sedikit.

Menurut dr I.G.A.N Partiwi Sp A Mars, pakar laktasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada beberapa faktor yang bisa membuat ASI berkurang. Dia pun membagikan cara meningkatkan produksi ASI agar melimpah.

Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin membuat produksi ASI Anda sedikit:

1. Terlalu gemuk

Menurut dr Partiwi, tubuh yang terlalu gemuk paska melahirkan tidak baik bagi produksi ASI, karena dapat menekan respons berbagai hormon, seperti hormon prolaktin yang memicu sel-sel pembuat ASI.

Memang disarankan kepada ibu menyusui untuk banyak makan makanan bergizi agar produksi ASI meningkat, tapi bukan berarti makan berlebihan hingga berat badan naik.

Baca juga: ASI, Baiknya Dipompa Pakai Tangan atau Alat?

2. Efek obat kimia

Tidak semua obat kimia dapat menjadi penyebab penurunan atau penghambat produksi ASI. Namun, efek dari beberapa obat terhadap kondisi masing-masing ibu setelah melahirkan juga berbeda-beda.

Untuk itu, selama menyusui jangan malas berkonsultasi dengan dokter yang membantu Anda melahirkan. Dokter akan membantu menyesuaikan obat yang harus Anda minum dan kondisi tubuh Anda. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X