Misteri Tubuh Manusia: Bagaimana Sih ASI Diproduksi?

Kompas.com - 02/08/2019, 21:00 WIB
Ilustrasi menyusui shutterstockIlustrasi menyusui

KOMPAS.com - Tahukah Anda, setiap minggu pertama bulan Agustus diperingati sebagai pekan menyusui sedunia alias World Breastfeeding Week (WBW).

WBW yang diselenggarakan tiap 1-7 Agustus itu bertujuan untuk memberikan pemberian ASI dan meningkatkan kesehatan bayi di seluruh dunia.

Namun, dari mana ASI muncul dan bagaimana bisa perempuan mengeluarkan ASI tersebut?

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Permen Mint Bikin Mulut Dingin?

Jauh sebelum perempuan hamil, jaringan pendukung, kelenjar susu, dan lemak membentuk sebagian besar payudara.

Jumlah jaringan lemak bervariasi pada masing-masing perempuan. Inilah yang menyebabkan ukuran dan bentuk payudara juga ikut beragam.

Payudara perempuan mulai terbentuk setelah pubertas. Melansir Hello Sehat, kebanyakan payudara tidak simetris, baik dari segi ukuran maupun letak.

Jika Anda perhatikan payudara Anda dengan cermat, biasanya ada salah satu payudara yang lebih besar sedikit atau lebih kecil sedikit. Begitu pula dengan letaknya, ada yang lebih tinggi atau lebih rendah sedikit, intinya keduanya tidak berukuran dan berletak sama persis.

Namun perlu diingat, ukuran payudara tidak menentukan kemampuan menghasilkan ASI. Bukan berarti orang dengan payudara besar akan menghasilkan ASI lebih banyak dan sebaliknya.

ASI diproduksi sejak masa kehamilan

Tubuh ibu sudah mulai mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI mulai dari masa kehamilan.

Saat hamil, Anda mungkin menyadari bahwa payudara Anda bertambah besar sehingga Anda harus membeli bra dengan ukuran lebih besar.

Hal ini terjadi karena kelenjar-kelenjar dalam payudara untuk membuat ASI sudah mulai berkembang sejak trimester pertama kehamilan.

Hormon yang muncul saat kehamilan menyebabkan saluran susu berkembang dalam ukuran maupun jumlah.

Puting payudara pun lebih menonjol dan ukurannya bertambah besar. Selain itu, warna puting dan areola (daerah sekitar puting) juga menjadi lebih gelap.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X