6 Tipe Bunyi yang Dikeluarkan Anjing dan Artinya

Kompas.com - 02/08/2019, 14:14 WIB
Ilustrasi anjing pitbull. SHUTTERSTOCKIlustrasi anjing pitbull.

Kompas.com - Kita semua tahu bahwa anjing bisa merasa, merespons bahkan bersahabat dengan manusia. Namun, bagaimana cara Anjing mengekspresikan dirinya untuk berkomunikasi dengan kita.

Dilansir dari mnn.com, 26 Juli 2019; berikut adalah enam jenis bunyi yang dikeluarkan oleh anjing dan artinya, menurut American Kennel Club (AKC):

1. Menggonggong


Kenapa anjing menggonggong? Jawabannya adalah situasi atau keadaan yang sedang terjadi kepada si anjing.

Sebuah gonggongan anjing bisa mengindikasikan kenyamanan atau ketakutan, kemarahan atau kelemahan, frustasi atau kebutuhan yang mereka alami. Setiap emosi ini menghasilkan bunyi gonggongan yang berbeda.

Baca juga: Mengenal Anjing Terapi yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik

Seekor anjing yang sedang marah karena kecemasan, misalnya, mungkin akan menggongong dengan nada tinggi dan berulang-ulang. Sementara itu, bunyi anjing yang menggonggong karena merasa bosan biasanya akan lebih monoton dan berulang.

Ketika anjing menginginkan sesuatu dari Anda, bunyi gonggongan mereka akan merendah dan berkelanjutan. Menggonggong karena kecurigaan biasanya lebih lambat dan pelan. Lalu, menggongong karena ketakutan biasanya juga pelan tapi cepat.

2. Menggeram


Sering kali, bunyi menggeram seekor anjing ini menandakan sinyal peringatan. Ini merupakan peringatan agar Anda dan anjing lain berhenti dan tidak menyentuh makannya, mainannya, tubuhnya atau menyuruh Anda menjauh darinya.

3. Melolong

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Mnn.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X