Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Catatan Tangkuban Parahu Meletus Tiba-tiba | Alasan Kita Emosi Lulusan UI Tolak Gaji 8 Juta

Kompas.com - 27/07/2019, 09:51 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Erupsi Tangkuban Parahu Jumat Sore (26/7/2019) dianggap tiba-tiba dan mendadak. Dalam video yang menyebar di media sosial, tampak masyarakat panik melihat semburan abu pekat dari Tangkuban Parahu.

Masalah aktivitas warga di dekat pusat letusan Tangkuban Parahu telah menjadi perhatian ahli vulkanologi Surono sejak lama dan menjadi salah satu berita populer di Sains Kompas.com.

Selain itu, ada perspektif sejarah juga menyoroti persoalan Jefri Nichol yang ditangkap karena menyimpan ganja 6,01 gram.

Berita lain tentang lulusan UI tolak gaji 8 juta juga menjadi berita populer, utamanya dari pandangan psikolog.

Berikut 5 berita populer di Sains Kompas.com yang mungkin Anda lewatkan pekan ini.

1. Catatan Surono tentang erupsi Tangkuban Parahu

Petugas PVMBG saat memperlihatkan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu di pos pemantauan, Jumat (26/7/2019).DENDI RAMDHANI Petugas PVMBG saat memperlihatkan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu di pos pemantauan, Jumat (26/7/2019).
Gunung Tangkuban Parahu erupsi pada Jumat (26/07/2019). Letusan gunung yang terletak di Jawa Barat itu terjadi pukul 15.48 WIB.

Erupsi tadi sore itu seolah terjadi tiba-tiba sehingga mengagetkan masyarakat. Meski begitu ahli vulkanologi Surono mencatat sejumlah hal lain.

"Alam itu setiap akan ada kejadian, ada tanda-tandanya," ungkap Surono melalui sambungan telepon.

"Banyak hal tanda-tanda alam yang dapat diamati, termasuk juga kalau akan ada letusan gunung api. Masyarakat bilang hewan akan turun dari puncak, kan itu semua tanda-tanda," imbuhnya.

Baca selengkapnya: Tangkuban Parahu Meletus Tiba-Tiba, Ini Catatan dari Ahli

2. Penangkapan Jefri Nichol lebih ke persoalan zaman

Artis peran Jefri Nichol dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2019). Ia ditangkap polisi karena penyalahgunaan narkoba jenis ganja.KOMPAS.com/IRA GITA NATALIA SEMBIRING Artis peran Jefri Nichol dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2019). Ia ditangkap polisi karena penyalahgunaan narkoba jenis ganja.
Jefri Nichol ditangkap di kediamannya pada Selasa (23/7/2019) setelah diketahui menyimpan ganja sebanyak 6,01 gram di kulkasnya.

Penangkapan itu menjadi buah bibir. Publik berujar, kok bisa Jefri Nichol yang dikenal sebagai aktor yang baik, pernah membantu pemulung misalnya, menggunakan narkoba.

Meski demikian, dari perspektif sejarah, penangkapan idola remaja tersebut bukan soal ganjanya, tetapi lebih ke persoalan zaman.

Baca selengkapnya: Jefri Nichol Ditangkap Bukan Masalah Ganja, tapi Zamannya

3. Pelajaran psikologi dari kasus Lisa Marlina dan media sosial

Ni Luh Djelantik, desainer ternama asal Bali berencana melaporkan Lisa Marlina, pemilik akun Twitter @lisaboedi karena dianggap melecehkan mertabat perempuan Bali.Kompas.com / RACHMAWATI Ni Luh Djelantik, desainer ternama asal Bali berencana melaporkan Lisa Marlina, pemilik akun Twitter @lisaboedi karena dianggap melecehkan mertabat perempuan Bali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com